4 Desember 2023

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kepala Desa O’o Donggo, Syam’udin H. Usman Dianugerahi Penghargaan Pengelola Dana Desa Terbaik

2 min read

DONGGONEWS.com l Bima, 1909023 – Kades O’o Donggo, Syam’udin H. Usman dianugerahi piagam penghargaan oleh pemerintah Kabupaten Bima, salah satu diantara 10 desa terbaik sebagai pengelola anggaran desa 1.7 miliar. Dari total 191 desa di Kabupaten Bima.

”Alhamdulillah saya termasuk 10 desa di Kabupaten Bima mendapatkan piagam perghargaan pemerintah dari total 191 desa di Kabuaten Bima. Khusus di Kecamatan Donggo hanya saya yang dapat piagam penghargaan,” akunya, pada DONGGONEWS.com (19/09).

Menurut Syam’udin, dari dana desa 1.7 miliar, yang non fisik dialokasikan untuk pembayaran gaji/honor aparat desa. Seperti ketua rukun tetangga, ketua rukun warga, guru ngaji, penurus mesjid, kader posyandu, guru Paud, dana kovid, bantuan langsung tunai (BLT).

Sedangkan alokasi yang berbentuk fisik terdiri lima paket, rabanisasi, membangun jalan tani, pembuatan talutt gang di pemukiman. Satu paket pengadaan bibit Sapi sebanyak 25 ekor untuk tahun berjalan sekarang. Dan pragram pengadaan Sapi akan barkelanjutan setiap tahun.

“Mengapa membuat program pengadaan Sapi? Karena dilihat cara masyakat O’o khusus, umum Donggo hanya terarah ke petani jagung . Tapi juga mereka harus ada usaha lain untuk menunjang kehidupan bila gagal panen. Maka untuk mengantisipasi mereka kembali berternak sapi,” ungkap Syam’udin yang pernah malang melintang di Ibukota Jakarta.

Untuk menunjang peternak Sapi, lanjutnya, akan membangun mesin penggilingan pakan ternak Sapi milik desa dari dana desa. Bahan material dari batang jagung dan kulit jagung.

Disamping diambil anggaran dana desa akan melakukan lobi pada instansi terkait, baik yang ada di Kabupaten Bima, maupun Pusat lewat Kementrian Desa Tertingga. Juga pengusaha Jakarta, asal Donggo. Seperti H.Jakarta Umar, dan sebagainya.

“Saya seperti Bapak Jakaria, inshaa Allah akan turun tangan untuk hal-hal yang baik begini. Apalagi buat kepentingan orang banya Inshaa Allah dalam waktu dekat saya akan ke Jakarta,” pungkas Syam’udin.

Sumber: Kades Oo
Editor : Hambaly Ama La Baby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *