14 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Praktek Kerja Lapangan, Mahasiswa Sosiologi Universitas Mataram Bersama Dikbud NTB

3 min read

Oleh :
Nursuciyati (L1C019092)
Nur Haerani (L1C020074)

          Untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai dunia kerja bagi para mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan  Politik sekaligus memberikan kesempatan mengaplikasikan teori dan praktik di lapangan, mahasiswa diwajibkan menjalani program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan Program Studi masing-masing. Program PKL memberikan kompetensi pada mahasiswa untuk dapat lebih mengenal, mengetahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja. Hal ini sebagai upaya Program Studi mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Mahasiswa yang mengikuti program ini disebut sebagai Praktikan. Pelaksanaan program PKL ini dilakukan mahasiswa program Sarjana (S1) selama satu bulan, atau selama 45 hari.
        PKL (Praktik Kuliah Lapangan) adalah sebuah proses pembelajaran atau pengajaran dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat langsung keadaan yang terjadi dilapangan sehingga mereka dapat mempraktikan dan melihat secara langsung bagaimana kondisi yang terjadi dilapangan atau memberikan kesempatan bagi mereka untuk Kuliah di tempat kerja secara nyata, baik itu di tempat instansi Swasta, BUMN, BUMD,ataupun instansi pemerintahan setempat. Dengan adanya PKL ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah dan kampus pada kerja nyata yang sesuai dengan bidang keahliannya. Bagi mahasiswa bidang keahlian Praktik Kuliah lapangan (PKL) ini dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang sangat cepat sekali dalam kehidupan sekarang. Praktik kerja lapangan akan dapat meningkatkan dan menambah kemampuan bagi setiap mahasiswa dalam mengkaji, mengamati serta menilai secara teoridengan kenyataan praktek kerja yang ada di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas manajerial mahasiswa dalam mengamati persoalan baik dalam bentuk aplikasi yang bersifat teori maupun kenyataan yang bersifat sebenarnya.

         Kami dari mahasiswa Program Studi Sosiologi di UNRAM yang telah menjalani PKL selama awal semester 6 kemarin. Saya beserta 2 anggota kelompok saya yang lain menjalani Program PKL selama kurang lebih 45 hari Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. 
   
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB adalah sebuah lembaga pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas pengelolaan, pengembangan, dan pengawasan sektor pendidikan dan kebudayaan di wilayahnya. Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi ntb merupakan badan yang meyelenggarakan urusan pemerintah bidang kebudayaan yang menjadi kewenangan daerah provinsi dan tugas pembuatan yang ditugaskan kepada daerah provinsi. Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi NTB memiliki lima bidang bagian 3 tiga UPT dan 8 (delapan) cabang dinas. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi NTB berlokasi di JL. PENDIDIKAN NO. 19A, GOMONG, KEC, SELAPARANG, KOTA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT. KODE POS : 83125, TELP,/ (0370) 632 539, EMAIL : dikbud@ntbprov.go.id,   Instagram : dikbudntb 

      Kegiatan kami selama Praktek Kerja Lapangan di Dikbud NTB seperti para pegawai yang lainnya ikut serta  dalam kegiatan Kantor seperti mengikuti Rapat bersama Pegawai kantor seperti pada gambar di bawah ini :

Gambar 1. Upacara Pagi
Upacara Rutin Setiap Pagi senin sekaligus pengarahan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi NTB kepada seluruh Pegawai di lingkungan Kantor.

Gambar 2. Menginput data dan memisahkan berkas-berkas sesuai kota

Gambar 3. Mencatat surat masuk disposisi

Gambar 4. Kegiatan Imtaq

Gambar 5. Apel Pagi sekaligus arahan dari kepala kantor

Gambar 6. Olahraga pagi

     Jadi gambar diatas merupakan kegiatan kami selama melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) selama 45 hari.
       Salah satu tujuan yang juga melatarbelakangi dari tujuan PKL ini adalah memenuhi dari persyaratan dari jurusan Sosiologi Universitas Mataram, PKL ini berlangsung selama 45 Hari, sehingga terpenuhi menurut pedoman PKL dan rincia kegiatan yang dipaparkan pada tabel sebelumnya, dengan terselesaikan PKL maka terpenuhi juga persyaratan pada semester sebelumnya.   Selain hal di atas, dalam pelaksanaan kegiatan PKL sudah sesuai dengan rencana yang diharapkan oleh mahasiswa di antaranya sebagai berikut :  
  1. Dalam pelaksanaan PKL Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi kami mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru Tentang Peran bagian umum serta peran Dan Fungsi pada bidang Kebudayaan DIKBUD NTB
  2. Kami juga mendapatkan pengalaman dan Pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
  3. Dan kami juga dapat menyelesaikan dengan Tepat Waktu dalam kegian praktek kerja lapangan di DIKBUD NTB
  4. Dapat mengetahui tentang persuratan, dapat membantu dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan, belajar membuat surat, mendapatkan pengalaman turun ke lapangan untuk melihat kondisi sekolah yang di tuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *