14 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bupati AKJ Tutup Secara Resmi Dompu Expo, Utusan Khusus Kementerian Parekraf: 3-G Pengembangan Daerah

3 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 300624 – Penutupan Dompu Expo 2024, Minggu (30/06/24) oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani atau akrab disapa Bupati AKJ terlaksana dengan meriah.

Hiruk pikuk para pengunjung dihari penutupan tidak kalah semaraknya dengan waktu pembukaannya yang juga berlangsung ditempat yang sama di Lapangan Bola Kelurahan Karijawa Dompu.

Ribuan para pengunjung dari delapan Wilayah Kecamatan hadir menyaksikan acara penutupan Dompu Expo 2024 yang pelaksanaannya atas permintaan masyarakat terutama para pelaku usaha ditambah satu hari.

Hadir di acara ini Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Ketua DPRD, Andi Bahtiar, A.Md.Par, Kapolres Dompu, Dandim 1614/Dompu, Pejabat Yang Mewakili Kejari dan Ketua Pengadilan Negeri.

Hadir juga pejabat teras Pemda Dompu diantaranya Sekda, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional.

Pejabat lainnya yang turut hadir Pimpinan BUMD/BUMN, Pejabat Vertikal, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua Organisasi dan Tokoh Wanita lainnya, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

Acara penutupan Dompu Expo diawali dengan Talk Show yang dimoderatori Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP menghadirkan Kepala Dinas Pengampu Program Jarapasaka sebagai narasumber.

Adapun narasumber tersebut Kadis Distanbun, Syahrul Ramadhan, SP, Kadis Disnakwan, Muhammad Abduh, SE., M.Si, Kadis Kelautan dan Perikanan, Amiruddin, S.Hut, Kadis Perukim, Ir. H. Rusdin, M.Si, Kadis Disperindag, Ir. H. Armansyah, M.Si dan Kadis Koperasi dan UKM, Hj. Daryati Kustilawati, SE., M.Si.

Masing-masing Kadis yang tampil sebagai narasumber sesuai tugas dan fungsinya memaparkan Program Jarapasaka yang diampunya.

Para narasumber sesuai dengan bidang tugasnya membeberkan berbagai pencapaian yang diraih di tiga tahun Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan atau yang akrab dengan Jargon AKJ-SYAH memimpin Bumi Nggahi Rawi Pahu (Kabupaten Dompu).

Rata-rata para narasumber di materinya membeberkan dalam waktu tiga tahun memimpin Dompu AKJ-SYAH menorehkan banyak kemajuan.

Hal yang menarik perhatian publik di acara talk show ini adalah penampilan moderator yang luar biasa menyemangati sehingga talk show yang diagendakan berjalan tertib, aman dan lancar.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam amanatnya lebih banyak memberikan apresiasi atas kinerja bawahannya.

“Kinerja para pimpinan perangkat daerah dimotori Sekertaris Daerah sangat mendukung pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati”, kata Bupati AKJ mengapresiasi kinerja bawahannya.

Lanjut Bupati AKJ menambahkan kinerja perangkat daerah tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya pencapaian yang diraih dalam waktu tiga tahun AKJ-SYAH menakhodai Dompu.

Bupati AKJ dalam amanatnya juga membeberkan bahwa memajukan Kabupaten Dompu sebagaimana yang diharapkan tidak hanya bisa dilakukan sendiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu.

“Memajukan Dompu kearah yang lebih baik seperti yang tersebut di Visi-nya yaitu Dompu Mashur dibutuhkan kerjasama dari semua pihak”, terangnya.

“Kebersamaan dari semua pihak itulah yang dibutuhkan guna mewujudkan Visi Dompu Mashur yang menjadi cita-cita bersama elemen daerah”, tegasnya.

Berikutnya Bupati AKJ menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak atas dedikasi yang ditorehkannya bagi kemajuan Dompu.

“Terima kasih kepada semua pihak baik di Kabupaten Dompu, di Provinsi NTB maupun ditingkat Nasional atas semua dedikasi yang ditorehkan bagi kemajuan Dompu”, tuturnya.

Diakhir Bupati AKJ mengapresiasi kehadiran Utusan Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Terima kasih atas kehadiran Ibu Kementerian Pariwisata dan Ekreaf di Event Dompu Expo 2024 dan juga telah mengunjungi berbagai obyek wisata andalan di daerah kami”, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama saat memberikan sekapur sirih di acara penutupan Dompu Expo 2024, utusan khusus Menteri Parekraf berbagi strategi untuk pengembangan daerah.

Menurutnya dalam mengembangkan daerah agar lebih maju ada tiga strategi yang dapat diterapkan. Ketiga strategi tersebut dikenal dengan 3-G.

Katanya Ketiga G tersebut adalah Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspoll (Kembangkan Potensi Daerah).

“Ketiga strategi tersebut bila dimainkan dengan baik maka daerah akan meraih kemajuan, tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak”, jelasnya.

Berikutnya Sekda Dompu dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Dompu Expo 2024 menyebutkan Event yang berlangsung mampu menggerakkan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Acara Dompu Expo yang diagendakan berdampak baik bagi perguliran perekonomian daerah dan juga peningkatan pendapatan masyarakat”, katanya.

Dalam pantauan acara penutupan berlangsung aman, tertib dan lancar yang diisi dengan berbagai atraksi budaya berupa seni tari dan lainnya diakhiri dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

Sumber: Bagian Prokopim Setda Dompu, Firmansyah, S. Ps., M. MKes

Editor: Hambaly Ama La Beby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *