14 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

PMI Dea Malela Sumbawa Rekrut Santri Hingga Luar Negeri, Prof. Dr. H. Din Syamsudin: Wujudkan SDM Handal, Perlu Peran Pendidik Extra Luar Biasa

5 min read

DONGGONEWS.com I Pemangong Sumbawa, 30724 – Pembukaan Tahun Ajaran Baru Pesantren Modern Internasional (PMI) Dea Malela Sumbawa dirangkai Pelantikan Santri tahun Pelajaran 2024-2025 cukup ramai dan meriah 2/7/2024.

Kegiatan yang dihadiri langsung Pengasuh/Pembina PMI Dea Malela. Prof. DR. H. Din Syamsuddin didampingi Sang isteri tercinta disambut hangat para tamu undangan berserta siswa siswa baru maupun siswa lama serta, para Ustadz Ustadazh di Gedung Auditorium Sang Surya dengan nuansa keindahan dengan rangkaian acara: menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars PMI Dea Malela, Pembacaan ayat suci Alqur’an.

Direktur PMI Dea Malela yaitu Direktur Pendidikan dan Pengajaran, DG. M. Akief Ka’bah Sarmadiya, SE mengucapkan
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, bahwa “Pesantren Modern Internasional Dea Malela saat ini telah menginjak tahun ke-9 sejak mulai beroperasi pada tahun 2016 lalu, dan telah meluluskan enam angkatan untuk
tingkat SMP dan lima angkatan untuk tingkat SMA.“ Direktur.

Lebih lanjut M. Akief menyebut “Pada tahun Pendidikan 2024/2025, Pesantren Modern Internasional Dea Malela telah menerima 44 santriwan terdiri dari 24 santri tingkat SMP dan 20 santri tingkat SMA serta 43 Santriwati terdiri dari 21 santri tingkat SMP dan 22 santri tingkat SMA, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti: Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Dompu, Mataram, Tanah Datar, Bekasi, Sidoarjo, dan Halmahera Tengah. Serta tiga santri dari Thailand, dua santri Taiwan (belum datang), satu Pakistan, satu santri Rusia dan satu santri Jepang.”sebut Direktur bangga.

M. Akief juga menjelaskan bahwa “Seluruh santri tiba di Pesantren sejak tanggal 16 Juni lalu, kecuali santri dari Taiwan.” Jelas dia.

Sebelum Pembukaan Tahun Pendidikan 2024-2025 dan dilantik sebagai santri pada hari ini, para santri mengikuti serangkaian kegiatan Masa Orientasi Santri yang dilaksanakan pada 20 Juni sampai 07 Juni 2024, bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang PMI Dea Malela, orientasi tentang pembelajaran di PMI Dea Malela, sosialisasi sunnah dan nizham PMI Dea
Malela, serta kecakapan kecakapan lain dalam bidang peribadatan,Bahasa, Kesehatan dan Keterampilan lainnya.

Selain itu, kata Akief bahwa “Para pendidik PMI Dea Malela juga telah melaksanakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka
mempersiapkan diri untuk tahun Pendidikan 2024/2025 yaitu Masa Orientasi Pendidik yang
berlangsung sejak tanggal 21 Juni hingga 28 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat
pemahaman dan kapasitas pendidik PMI Dea Malela agar bisa menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai mu’allim, muaddib dan murabbi di PMI Dea Malela.” Lanjut Direktur.

Selanjutnya M. Akief melaporkan bahwa “Pada kesempatan ini, Izinkan kami melaporkan beberapa pencapaian prestasi PMI Dea Malela pada tahun sebelumnya, sebagai berikut; beberapa santri pernah berpartisipasi dalam beberapa kegiatan seperti, NTB Youth Science Camp di Mataram dalam bidang robotic dan robomaker, World Youth
Festival 2024 di Scochi Russia, selanjutnya kegiatan “friends” International Youth Camp di Kahzan dan beberapa santri kami mengikuti Program International Islamic Comparative Study (IICS) di Malaysia.” Lapor DG M. Akief.

Lebih lanjut M. Akief menyebutkan “Selain berpartisipasi pada kegiatan tersebut, beberapa santri kami juga memenangkan kejuaraan di berbagai bidang dan mata lomba di antaranya; (1) Lomba BIPA tingkat Provinsi dan dua santri kami akan melanjutkan ke tingkat nasional; selanjutnya Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten dan dua di antaranya melanjutkan ke tingkat provinsi. Dea Malela DrumCrops mendapat juara 3 Pawai Budaya HUT Sumbawa ke-65. Selanjutnya mendapat juara 1 menulis resensi tingkat kabupaten. Santri
kami juga berhasil menjuarai Olimpiade Sains Nasional bidang Komputer tingkat Kabupaten Sumbawa dan Lanjut Ke Provinsi.” Sebutnya.

M. Akief menambahkan bahwa “Beberapa santri juga berhasil membawa pulang medali emas, perak dan perunggu dalam kejuaraan beladiri Tapak suci tingkat nasional yang diadakan di Banyuwangi. Selain
itu, Pasukan Khusus Hizbul Wathan Dea Malela berhasil memborong 17 piala pada Nurul Haramain Scout Competition (NHSCC) yang diadakan di Narmada Lombok Tengah, serta beberapa hari yang lalu
salah satu santri kami berhasil mewakili Provinsi NTB di ajang Nasional School Debating
Championship (NSDC).” Tambahnya.

DG. M. Akief juga menyebutkan “Sebagai bentuk kesyukuran kami juga, Alumni PMI Dea Malela telah melanjutkan Pendidikannya di
Lembaga Perguruan Tinggi Dalam Negeri Seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, IPB, ITS, Universitas Diponegoro, UNESA, Unair, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim, UMJ, UMS, UAD dan beberapa kampus terbaik lainnya di Tanah Air. Sebagian lainnya juga melanjutkan Pendidikannya ke Luar Negeri, yaitu ke King Saud University di Riyadh, Arab Saudi, Al
Azhar University, Cairo, Mesir, Anadolu University dan Uludag University di Turki, Al Bukhary
Internasional University, Malaysia, North American University, Amerika, far eastern university, Filipina serta beberapa kampus di Rusia.” Sebut Akief.

PMI Dea Malela melaksanakan acara Pembukaan Tahun Pendidikan baru dan Pelantikan santri baru pada hari senin 1 juli 2024 kegiatan ini di hadiri langsung oleh beberapa pejabat daerah seperti kepala dinas Pendidikan kabupaten Sumbawa Barat khusnarti, S. Pd., MM. Inov dan Pejabat Pusat Deputi bidang Koordinasi Revolusi mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK bapak Didik Suhardi, Ph.D selain itu juga hadir pula ketua yayasan wakaf PMI Dea malela Prof. Dr. Ma’ Mun Murod Al Barbasy, S. Sos., M. Si yang sekaligus menjabat Rektor Universitas muhammadiyah Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan Pelantikan para santri baru pada tingkat sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah Atas dilantik secara langsung ole pengasuh Prof.Dr. H. Din syamsuddin, MA dan didampingi para pejabat.

Pada acara Pembukaan Tahun ajaran baru ini, diawali sambutan dari ibu Khusnarti, S. Pd. MM. Inov. Beliau menyampaikan begitu bangganya atas capaian PMI Dea malela saat ini karena mampu membentuk santri dan Santriwati yang berakhlak mulia dan mencetak prestasi yang begitu mengharum nama PMI Dea malela dari tingkat kecamatan kabupaten provinsi nasional dan Internasional, Beliau berbicara melihat dari hasil capaian prestasi anak anak di PMI Dea Melela berkat dukung penuh dari pendidik ustaz ustazah, dan kedua anak kandung saya Putra putri sekolah di sini, Red ibu kadis Pendidikan di kabupaten Sumbawa barat.

Selain itu Rektor Universitas muhammadiyah jakarta memberikan sambutan dengan menceritakan pengalaman selama jadi santri, “selama di pondok Pesantren para santri di latih untuk kemandirian. saya merupakan produk pondok Pesantren juga, hal ini tidak bisa kita dapatkan di sekolah-sekolah lain” ungkap Prof. Ma’ mun Murod .

Beliau juga takjub atas lantunan ayat suci al Quran yang dibacakan oleh Santriwati anakda Keysa kelas 11, Beliau akan memberikan beasiswa penuh di Universitas muhammadiyah jakarta ketika anakda keysa lulus di PMI Dea Malela melanjutkan di Perguruan Tinggi muhammadiyah Red. prof. Ma’mun murod.

Sambutan selanjutnya juga disampaikan olehDidik Suhardi, Ph.D Dia menyampaikan bahwa “Negara Indonesia saat ini sedang mewujudkan indonesia emas 2045, melalui hal tersebut indonesia dapat berubah dari negara berkembang menjadi negara maju hal ini tentunya kita harus persiapkan sumber daya manusia handal untuk mendukung program indonesia emas Tahun 2045” ungkapnya.

“Sumber daya manusia yang luar biasa dalam hal akademik dan non akademik seperti yang telah dilakukan oleh PMI Dea Malela,” jelas Didik suhardi, Ph.D.

Diakhir acara, Prof. DR. H. Din syamsuddin, MA. Menanggapi hal yang disampaikan oleh Didik Suhardi, Ph. D. Bahwa “Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang luar biasa perlu peran pendidik yang luar biasa juga, oleh karena itu para pendidik PMI Dea malela perlu Study lanjutan untuk menunjang sistem pendidikan dan manajemen kepesantrenan yang lebih baik hal ini sejalan dengan beberapa pendidik Yan telah mendapatkan beasiswa kuliah pasca sarjana S2 dan S3 di beberapa Universitas muhammadiyah ternama di Indonesia, Universitas Negeri di dalam negeri dan bahkan diluar Negeri.” Tanggap Din. ( ADV )-Ama Nafira dan Naylah lathifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *