17 Mei 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bawaslu Dompu Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula di SMAN 2 Dompu

2 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 200722 – Bawaslu Kabupaten Dompu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif terhadap pemilih pemulah di SMA Negeri 2 Dompu, Rabu (19/7/2022).

Kegiatan dimaksud untuk memberikan pemahaman tentang Pengawasan Partisipatif serta mengajak pelajar untuk berperan aktif dalam mengawal Demokrasi. Dalam hal ini Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Irwan menjelaskan sosialisasi ini dilaksanakan dengan dasar, Bawaslu memiliki peran dan fungsi untuk meingkatkan pengawasan partisipatif.

“Karena itu secara fungsih Bawaslu adalah melakukan pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa proses. Secara umum memang Bawaslu yang mengawasi seluruh tahapan mulai dari Tahapan……..tetapi dalam negara demokrasi sebenarnya masyarakat yang menjadi stakeholder atau pelaku utama pengawasan,” ujar Irwan.

Karena itu sebagai dari masyarakat merupakan hal penting untuk ikut menunjang pelaksana pemilu yang luber (Langsung Umum Bebas Rahasi) Jurdil (Jujur dan Adil) serta Demokratis.

Selain itu Irwan menjelaskan terkait dengan yang sering kali terjadi kerwanan pada saat Pemilu dan Pemilihan adalah Money Politik yang sebenarnya dilarang oleh agama maupun Undang-Undang. tidak menutup kemungkinan anak-anak yang masih duduk dibangkun SMU ini dan pada tahun 2024 nanti menjadi sasaran empuk.

“Agar nantinya para siswa pemilih pemula jangan sampai menerima uang untuk untuk memilih salah satu calon, karena nantinya pemberi dan penerima bisa terkena pidana pemilu,” terangnya.

Ia juga menjelaskan titik rawan selanjutnya yaitu brita hoax yang sering ditemukan pada saat Pemilu yang kerpa beredar di media sosial terjadi nanti pada saat masa kampanye pemilihan.

Irwan mengajak kepada seluruh pemilih pemulah agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu serentak tahun 2024, jika nanti menemukan adanya kecurangan dalam pemilihan agar melaporkan ke Bawaslu Kabupaten Dompu dan selanjutnya dapat ditelusuri kebenaran infoamsi awal tersebut.

Di akhir penyampaiannya irwan menghimbau kepada seluruh siswa agar nantinya dapat menyampaikan informasi dari sosialisasi ini kepada teman dan keluarga.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Wahyudin menjelaskan Bawaslu Goes To Campus merupakan program yang direnakan oleh Bawaslu RI dengan sasaran Pelajar sekolah dan mahasiswa, yang pada Pemilu 2024 mendatang memiliki hak pilih atau hak konstitusi
“Jadi untuk siswa yang hadir pada sosialisasi ini nanti di tahun 2024 sudah memiliki hak konstitusinya, jadi penentuan masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kita semu,” ujar Wahyudian.

Lebih lanjut, Wahyudin dalam Negara demokrasi pemilu merupakan wadah untuk warganya setiap lima tahun sekali.

“Jadi setiap lima tahun, kita melaksanakan pemilihan umum. Biasanya kita memilih lima kota suara. Pertama pemilihan Presiden, kedua DPRD RI, ketiga DPD RI, Keempat DPRD Provinsi, dan kelima DPRD Kabupaten/Kota,” lanjutnya.

Dia menginformasikan, Pemilu mendatang akan dilaksanakan pada 14 Februari Tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada bulan November 2024 di … Provinsi, dan …. Kabupaten/Kota.
Maka dari itu saya berharap kepada siswa pemilh pemulah
Senada dengan itu, ….Kepala Sekolah SMA N 2 Dompu mengungkap mendukung program Bawaslu karena selaras dengan pembelajaran kontekstual dan aplikatif yang dilaksanakan si Sekolah.

Hadir juga dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawas Partisipati terhadap Pemilih Pemulah dari Bank BNI Cabang Dompu sebagai mitra Bawaslu Kabupaten Dompu. ( DNC-*/@gs )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *