14 Mei 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Pasukan BKO Operasi Samota Rinjani di Sumbawa Ditarik

2 min read

DONGGONEWS.com I Sumbawa Besar, 280623 – Pasukan yang tergabung Operasi Samota Rinjani telah ditarik kembali ke Lombok setelah berhasil mengamankan kegiatan balap motor bergengsi MXGP (Motocross Grand Prix) di sirkuit Internasional Samota di Sumbawa. Sebanyak 516 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang tergabung dalam pasukan tersebut kini kembali ke Markas Komando (Mako) Polda NTB.

Pasukan BKO Operasi Samota Rinjani telah berhasil mengamankan event motocross paling bergengsi di dunia sesuai dengan rencana dan tugas mereka. Misi mereka meliputi patroli keamanan, pengendalian kerumunan, pengaturan lalu lintas, pengawalan, dan penanganan situasi darurat apabila diperlukan.

Selama berlangsungnya MXGP di Sumbawa, pasukan BKO Operasi Samota Rinjani berhasil menjalankan tugas dengan profesionalisme dan ketangguhan yang tinggi. Mereka bekerja sama dengan Polres setempat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi para penonton dan peserta balap.

Direktur Pengamanan Objek Vital Polda NTB selaku Kaopsda Samota Rinjani dalam pengamanan MXGP Samota di Simbawa, Kombes Pol Suprayitno mengungkapkan kebanggaannya atas kerja keras dan dedikasi personel yang bertugas. Ia menyampaikan apresiasi kepada semua anggota pasukan atas komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, para pembalap dan para pengunjung.

“Alhamdulillah kegiatan MXGP berjalan dengan aman, tertib dan lancar.Dalam Kegiatan ini kita sudah bisa mengantisipasi terjadinya kerawanan. Anggota sudah menjalankan tugas sesuai dengan Tupoksinya, pelaksanaan MXGP berjalan sesuai dengan rencana kegiatan,” terangnya saat perjalanan pasukan di Kapal yang mengangkut para pasukan di pelabuhan Poto Tano Sumbawa, Senin (26/6/2023).

Dijelaskan , dalam pengamanan MXGP seluruh personel yang bertugas dari berangkat ke Sumbawa sampai Kembali lagi ke Lombok hingga saat ini dalam kondisi sehat. Pergeseran pasukan BKO Samota Rinjani kembali ke Lombok menandai berakhirnya keterlibatan mereka dalam pengamanan MXGP di Sumbawa.

Mengenai pengerahan kekuatan untuk pengamanan MXGP di Sirkuit Selaparang Lombok yang akan dilangsungkan pada Sabtu pekan ini, Kombes Pol Suprayitno belum dapat memastikan apakah akan Kembali melibatkan para persenel yang telah ditugaskan ke Sumbawa saat ini atau tidak.

“Nanti kita lihat pada rapat berikutnya untuk kegiatan MXGP di Selaparang, melihat potensi ancaman kerawanan atau yang lainnya. Karena situasi berbeda, tentu di sana nanti lebih kompleks.Tentu dalam pengerahan pasukan harus berdasarkan sikon , kita akan mengerahkan kekuatan yang sama atau tidak,” paparnya.

Dia berharap, seluruh kegiatan yang ada di NTB baik itu event nasional maupun internasional dapat berjalan aman, tertib, lancar dan sukses serta Kepolisian dapat memberi pelayanan keamanan secara maksimal dalam ajang-ajang yang terselenggara itu.

Sumber : Kabid Humas Polda NTB
Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, SH.,SIK.,MH

Editor : Hambaly Ama La Beby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *