21 Mei 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Teken MoU dengan UPSI Malaysia, Tamsis Bima Persiapkan Program Kuliah Internasional

2 min read

DONGGONEWS.COM | Bima, 220421- “Kita akan terus berbenah”, begitulah semangat yang ditularkan oleh Ketua STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima pada civitas akademika. Usai membangun komunikasi beberapa waktu lalu, akhirnya MoU antara STKIP Tamsis Bima dan University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, ditandangani. Sebagai respon awal, akan dirancang program Kuliah Internasional (Transfer Kredit).

“Komunikasi dengan pihak UPSI terus dan gencar dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima. Berdasarkan komunikasi dengan International Mobility Center UPSI, bahwa LoI (letter of Intent, red) yang dikirim adalah bukti real bahwa UPSI akan sangat bersedia untuk berkolaborasi dengan STKIP Taman Siswa Bima. STKIP Tamsis Bima juga tengah mempersiapkan Kerjasama Kuliah Internasioanal (Transfer Kredit, red) dengan Mahasiswa UPSI,” jelas Kepala KUI STKIP Tamsis Bima, Ramli, M.Pd., saat diwawancara melalui telepon genggamnya, Kamis (22/4/2021)

Teknisnya, kedua kampus yang resmi bekarjasama itu akan melakukan pertukaran mahasiswa untuk belajar. Disamping itu, persiapan kerja akademik lain, seperti kuliah S2 dan S3 di UPSI adalah hal penting yang menjadi point dari MoU yang disiapkan. Sejumlah kegiatan tersebut akan segera dimulai dalam waktu dekat, setelah pihaknya mengirim kembali naskah MoU yang telah ditandatangi ke UPSI.

“Untuk sementara, pihak UPSI tengah mempelajari point-point yang ditawarkan oleh STKIP Tamsis Bima. Bahkan, UPSI menyebarkan point tersebut ke seluruh fakultas yang memiliki jurusan yang yang linier. Kemudian disesuaikan dengan program kolaborasi yang akan dilaksanakan ke depan,” ungkap Ramli.

Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang dikonfirmasi terpisah menuturkan, bahwa kampus akan tetap terus berbenah. Menurutnya, ikhtiar harus terus dilakukan untuk mewujudkan visi maupun misi kampus. “Sebagai kampus yang konsen di pendidikan, kita akan tetap terus menjemput peluang untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan kampus-kampus besar. Baik itu di dalam maupun luar negeri. Dengan berbagai hal tersebut, kita akan membuktikan bahwa kampus ini benar-benar mewujudkan motto pendidikan untuk peradaban,” tukasnya.

Pribadi yang akrab disapa Ibnu itu juga meminta wakil ketua (Dr. Syarifuddin, S.Si., M.Pd) untuk mepersiapan dan menyusun beberapa kegiatan bersama seluruh pimpinan Prodi lingkup STKIP Tamsis Bima. Sedangkan untuk meningkatkan kegiatan pengabdian akan lebih fokus pada LPPM untuk menyusun langkah strategis dalam menyambut kerjasama itu.

Untuk diketahuim STKIP Tamsis Bima terus berbenah dalam berbagai hal, baik itu peningkatan sumber daya maupun jejaring nasional dan internasional. Kabar baik di bulan berkah ini, yaitu sampainya LoI yang dikirim International Mobility Centre UPSI Malaysia. Penandatanganan MoU dilakukkan oleh Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si dengan didampingi oleh Wakil Ketua, Dr. Syarufuddin, S.Si., M.Pd, Kepala KUI, Ramli, M.Pd., beserta sejumlah pimpinan pada 21 April 2021. ( DNC-006/Fiq )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *