28 April 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Doridungga Donggo Hadirkan Ulama Dari Madinah, Safari Ramadhan Khidmat

2 min read

DONGGONEWS.com I Bima,180324 – Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Doridungga sekaligus, Tokoh ulama Kecamatan Donggo, Ustadz H. Syamsudin Ahz, S. Pd. mampu menghadirkan Syekh Adlin Ali Zaber dari Kota Madinah untuk safari ramadhan 1445 Hijriah 2024 Masehi bertempat di Masjid Al-Taqwa Mangge Desa Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Pada Ahad, 17/3/2024 sekitar pukul 08.00 wita.

Syekh Adlin Ali Zaber Serta rombongan tiba di masjid Al-taqwah Mangge Na.e, langsung disambut oleh masyarakat Desa setempat dengan penuh kebahagiaan dan kehormatan atas kehadiran tokoh ulama Madinah, dengan penyambutan yang penuh kehangatan dan Syekh dipercaya menjadi imam sholat isya.

Pada momen itu, Selesai sholat isya, Syekh Ali Zaber memberikan tauziah atau ceramah kemanusiaan terkait keberadaan kehidupan saudara-saudara kita yang sedang berjihad fisabilillah dan juga saat ini sedang krisis serta mengalami serba kekurangan, terutama makanan dan pakaian untuk masyarakat Palestina dan Gaza.

Juru bicara Syekh Ali Zaber mengajak seluruh masyarakat Desa Doridungga lebih khusus para jamaah yang hadir, yang ingin membantu berjihad fisabilillah “Marilah kita sama-sama menyalurkan bantuan (donasi) seikhlasnya untuk saudara kita di Palestina dan Gaza,” ajak Shekh. Sebaliknya dari rombongan Syekh hanya menyumbang berupa Al-Qur’an dan sajadah sebagai buah tangan dari Madinah sekaligus kenangan-kenangan buat literasi di Masjid At-Taqwa Doridungga ini. “Kami hanya bisa menyumbang Kitab Al-Qur’an sebagai literasi di Masjid ini,” tuturnya via Juru bicara Syekh.

Sementara itu, Ustadz H. Syamsudin Ahz, S. Pd. pun langsung menyalurkan donasi sebesar 3jt. dan jamaah yang lain ikut memberikan bantuan ada yang 2jt, mendapatkan hadiah Alquran dan (1) jt mendapatkan sajadah dengan cara itu pun bukan membayar Alquran dan sajadah melainkan membantu saudara-saudara di Palestina dan Gaza yang sedang kesulitan makanan dan pakaian, jumlah donatur yang terkumpul di Kecamatan Donggo lebih khusus Desa Doridungga (52) jt sudah di laporkan langsung ke Madinah.

Lebih lanjut, Ustadz H. Syamsudin Ahz Menceritakan sejarah kehadiran Islam di Donggo khususnya dan umumnya Bima, sebagai sebuah negara mahkamatul syari’at yang nota bene pernah menerapkan hukum syari’at waktu jaman kesultanan Bima. Syaikh bisa bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan suku Bima yaitu suku Donggo.

Rangkaian kegiatan safari dilanjutkan dengan makan malam di kediaman H. Syamsudin Ahz .

Masyarakat Desa Doridungga mengapresiasi atas kunjung Syekh dan rombongan “Kami atas nama seluruh masyarakat Kecamatan Donggo lebih khusus Desa Doridungga mengucapkan syukur dan terimakasih banyak kepada Ustadz H.Syamsudin Ahz, selaku tokoh ulama di Kecamatan Donggo yang luar biasa mampu menghadirkan, tokoh ulama Madinah yaitu Syekh Ali Zaber. dan kami merasa bangga dan terharum kepada, Ustadz H. Syamsudin Ahz. semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kesehatan dan umur yang panjang serta rezeki yang berlimpah Aamiin.” Tutur Masyarakat. Reporter: Sarujin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *