16 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM, “Koperasi Jangan Hanya Papan Nama.”

2 min read

Foto: Suasana Diklat Saat Penutupan di Aula Pertemuan Dinas Koperasi

DONGGONEWS.com | Dompu, 031020 – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dompu melalui Sekertaris Dinas setempat, H. Yuliansyah, MM. menutup kegiatan Diklat peningkatan kualitas kelembagaan koperasi Sabtu,(03/10) . Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut diharapkan pada peserta Diklat mempu metransfer pengetahuan perkoperasian di masing-masing pergerakan koperasi yang dikelolanya. Ungkap Yuliansyah ketika memberi sambutan penututupan.

Dengan Diklat itu dapat menguatkan sumber daya manusia yang sejauh mana pengelolaan koperasi mampu diterapkan dengan tepat guna dan sasaran. Upaya kegiatan tersebut agar pengetahuan perkoperasian dimiliki oleh pergerakan koperasi khususnya di Dompu dengan tujuan agar bisa mandiri. Pelatihan semacam ini memberi peluang pada pergerakan koperasi untuk bersaing dengan koperasi lain dalam artian berkompetisi secara sehat.

Lebih jauh Yuliansyah menekankan bahwa pengurus koperasi ada kewajiban yang harus dilaksanakn setiap tahun yaitu pada akhir tahun ada laporan pengurus sebagai bentuk pertanggung jawaban sebagai pengurus. ” Pengurus tiap tahun melaksanakan Rapat Anggota Tahunan ( RAT )”. Tambah Yuli.

“Bagi koperasi yang tidak mengadakan RAT maka pihaknya dapat membubarkan koperasi tersebut ” . Tegasnya.

Selain itu dia juga mengajak pada masyarakat untuk bisa masuk menjadi anggota koperasi agar bisa dilayani dan buka usaha apa saja selama usaha tersebut tidak keluar dari koredur aturan yang tetapkan oleh pemerintah yang syah.

“Pada prinsipnya tidak ada batasan untuk buka usaha selama usaha itu halal “. Lanjut dia.

Foto: Pose Bersama Usai Penutupan

Pihaknya akan tetap memantau kegiatan yang dilakukan oleh pergerakan koperasi di kabupaten Dompu sebagai bentuk tanggungjawab pembina perkoperasian di kabupaten Dompu. “Sehingga gerakan koperasi benar-benar ada kegiatan riil dan jangan hanya papan nama saja “. Harap Yuli.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tugas masing-masing pengurus harus dilaksanakan secara proporsional sesuai dgn tupoksi masing-masing. ” Jangan hanya dibebankan pada Ketua saja “. Tambah dia.

Diakhir sambutannya Yuli menyadari bahwa selama 4 hari pelaksanaan Diklat mungkin ada yang kurang karena terbatasnya materi yang diberikan untuk itu harap dimaklumi. Tutup dia. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *