27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kampus Merah, Pusmenjar Apresiasi Kerja Mahasiswa Terkait Ngawas Uji Coba Instrumen Akademik

2 min read

DONGGONEWS.com | Bima, 191120 –
Program pengawasan uji coba intrumen akademik dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggandeng STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima, selesai. Untuk mengawasi uji coba tersebut, pihak pelaksana melibatkan 15 mahasiswa dari perguruan tinggi berjuluk Kampus Merah itu. Bagi tim Pusmenjar, kinerja mahasiswa sangat diapresiasi.

“Bagi tim Pusmenjar, mahasiswa kita dinilai bekerja sangat bagus. Penataan administrasi sangat baik, terutama sangat disiplin, dan menyenangkan. Mereka bisa bekerja secara individu dan berkolaborasi “. Ujar perwakilan STKIP Tamsis Bima yang terlibat pada program tersebut, Dr. Syarifudin, M.Pd., pada media ini di ruang kerjanya, Kamis (19/11/2020).

Terkait kehadiran mahasiswa di sekolah sasaran tersebut, dia mendapatkan informasi bahwa kehadiran mahasiswa sangat membantu. Selain mengawas mahasiswa itu juga ikut terlibat memudahkan proses kelengkapan administrasi kegiatan. Bahkan membatu pada hal-hal yang teknis, menghubungkan informasi antara sekolah dengan pihak Pusmenjar.

“Alhamdulillah kegiatan pengawasan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP Tamsis Bima dalam uji coba instrumen akademik dan non akademik yang diadakan oleh Pusmenjar dan Dikbudpora Kabupaten Bima berakhir dengan lancar. Kegiatan yang begitu melelahkan, selama dua hari adik-adik mahasiswa begitu banyak pengalaman yang didapat, mulai dari mengatur keuangan konsumsi, mengatur honor kepsek, honor tim IT sekolah, kendala-kendala jaringan atau internetnya tidak supot, dan terakhir mereka harus mengumpulkan berkas-berkas kegiatan,” sampai Syarifudin.

Berkas kegiatan yang dirinya maksud berupa kwitansi, nota, berita acara, daftar hadir, dan laporan kegiatan aktivitas siswa selama dua hari. Ia menilai, program tersebut sangat berharga dan dapat dijadikan sebagai guru bagi mahasiswa. Mahasiswa diharapkan mengerti tentang kondisi di lapangan. Kondisi di lapangan ternyata berbeda, antara rencana dengan kenyataan hasil.

“Kegiatan ini juga direspon baik oleh sekolah-sekolah tempat mereka mengawas. Banyak kepala sekolah yang menyatakan, bahwa mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima Prodi Pendiidkan Matematika itu hebat-hebat. Mereka juga bilang, bahwa yang menjadi pengawas itu adalah alumni-alumni terbaik dari sekolah-sekolah tersebut. Hal yang sama juga disampaikan oleh Tim Pusmenjar Kemedikbud, yang menyatakan bahwa begitu hebat-hebatnya adik-adik ini. Mereka sangat disiplin, mereka mampu menjalankan tugas ini dengan baik. Kami berharap, semoga kegiatan-kegiatan berikutnya kampus kami tetap dipercaya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pusmenjar melaksanakan Uji Coba Instrumen Akademik pada tanggal 17 sampai 18 November 2020 di Kabupaten Bima, NTB. Dan, sebelumnya akan ada pengarahan teknis oleh petugas pusat kepada mahasiswa pada tanggal 16 November 2020. Berkenaan dengan hal tersebut, pihak Pusmenjar meminta pihaknya untuk menugaskan 17 mahasiswa yang akan dijadikan pengawas dalam pelaksanaan uji coba. Adapun kriteria mahasiswa yang ditugaskan adalah mahasiswa tingkat akhir agar tidak terkendala dengan jadwal kuliah. (DNC-Fiq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *