16 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kapolres Dompu pimpin Apel Gelar Pasukan Tahun Baru

2 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 311220- Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH. S.I.K. pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan libur tahun baru 2021 digelar di Lapangan Beringin Kantor Bupati Dompu kamis, 31/12 2020 sekitar pukul 16.00 Wita.

Kapolres Dompu melalui Paur Subbag Humas, Aiptu Hujaifah mengatakan pada media ini via Releasenya, Apel Gelar Pasukan sebagai bentuk kesiapan personil, termasuk sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainya pada pengamanan libur panjang tahun baru 2021.

Menurutnya, perayaan tahun baru oleh masyarakat secara umum biasanya dirayakan di tempat Wisata dan tempat keramaian umum lainya. Untuk menjaga sekaligus langkah antisipatif, maka pihaknya menempatkan personil pengamanan di tempat yang berpotensi dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Menyinggung Masalah protokol kesehatan, kapolres minta pada semua personil yang ditugaskan untuk tetap menjadi prioritas utama dalam penanganan pelanggaran protokol Covid-19 terhadap para pelanggar. ” Bagi warga masyarakat melanggar ketentuan protokol kesehatan harus ditindak tegas tanpa pandang bulu.” Ungkap Kapolres.

Oleh karena itu, pihak Polres Dompu dalam menjalankan tugas negara yang diembannya untuk pengamanan libur panjang dan Tahun Baru 2021 mengepankan cara preemtif dan preventif secara humanis. Namun tetap mengedepankan penegakan hukum secara tegas dan profesional serta mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan guna mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kapolres mengingatkan, kegiatan ini tidak boleh dianggap kegiatan rutin tahunan sehingga menjadikan kita cenderung Under Estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid-19.

Situasi seperti ini bisa saja menimbulkan kerawanan dan gangguan kamtibmas seperti
aksi teror Bom yang bisa terjadi baik di tempat keramaian, proyek maupun objek vital serta tempat-tempat penting lainnya.

Lebih jauh Kapolres mengatakan terkait masalah kemacetan, kecelakaan lalulintas terus ditingkatkan dalam meminimalisir dengan gelar pasukan sebagai pengatur di jalan raya sehingga hal tersebut tidak terjadi di kabupaten Dompu ini..

Kapolres juga minta pada personilnya bekerja sama dengan warga masyarakat untuk sama-sama di musim hujan mengantisipasi banjir dan tanah longsor khususnya di wilayah Kabupaten Dompu

Menyinggung masalah tempat berkerumunnya warga masyarakat berpotensi terkontaminasi dengan Covid-19 seperti di tempat ibadah sebut saja gereja saat perayaan Natal dan kegiatan keagamaan.
Tempat pesta perayaan malam tahun baru semacam destinasi wisata, pantai Lakey, Felo Janga,Wadu Jao dan lainnya.

Hal tersebut dimanfaatkan untuk berhura Hura, Arak-arakan, pawai dan karnaval, Pesta perayaan Kembang Api.Itu semua dapat mengganggu stabilitas keamanan.wilayah.

Usai Apel Gelar Pasukan dilanjutkan dengan Patroli Show Of Force di wilayah Kabupaten Dompu.

Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, Dandim 1614 Dompu, Letkol. Inf. Ali Cahyono, S.Kom.,Kepala BPBD Dompu Jufrin, ST, M. Si.,
Waka Polres Dompu, Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, S.H., Kabag Sumda Polres Dompu, Kompol Ibrahim, Kabag Ops Polres Dompu, AKP I Komang Astrawan,
PJU Polres Dompu, Danki Brimob Iptu Sudirman, Personil TNI Kodim 1614 Dompu, Personil Polres Dompu, Personil BPBD, SatPol PP beserta Instansi terkait. ( DNC-005 )

Sumber :
Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujiafah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *