13 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kadis Dikpora Kabupaten Dompu Melakukan Pembinaan Guru

2 min read

DONGGONEWS.com | Dompu – Kadis Dikpora Kabupaten Dompu, H. Ikhtiar, SH. M.Si melakukakan pembinaan terhadap Guru PNS, Honorer, GTT se-kecamatan Dompu di halaman SMPN 1 Dompu rabu, (4/9). Kadis dalam pengarahannya meminta pada semua tenaga educative yang ada di wilayah instansinya  untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara, masyarakat dengan penuh dedikasi.

Bagaimanapun juga guru adalah ujung tombak pembangunan manusia seutuhnya dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Guru sebagai garda terdepan membina, mendidik, mengajar anak bangsa harus mengedepankan azas humanis, sekolah layak anak. Prestasi yang sudah dibangun di masing-masing tempat tugas ditingkatkan dan dipertahankan sehingga kualitas pendidikan di kabupaten Dompu dapat dipertanggung jawabkan.

Karena itu, Ikhtiar meminta pada semua guru untuk selalu membangun komunikasi  yang baik diantara sesama sehingga apapun program bisa berjalan secara sinergis dan lancar. Menilai kinerja guru-guru yang ada dibawah naungannya sudah mendekati  diatas rata-rata, namun perlu kerja keras untuk meningkatkan apa yang menjadi target sebagai  guru profesional yaitu disiplin jalankan tugas, kualitas pendidikan harus menjadi target utama, memahami peserta didik secara mendalam dengan memanfaatkan prinsi-prinsip perkembangan pengetahuan, kepribadian, serta mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik. Merancang pembelajaran, mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik dan non akademik peseta didik.

Menyinggung masalah Guru Honorer dan GTT, Kadis yang selalu humoris itu berjanji akan tetap memperhatikan mereka. “Saya akan tetap memperhatikan nasib kalian,” janji Ikhtiar yang juga  Bacabu Dompu periode 2020-2025.

Foto Kepala Sekolah, Guru PNS, Guru Honorer, GTT se-Kecamatan Dompu

Pertemuan tersebut diawali pemaparan program dari masing-masing bidang yang ada di instansi yang dipimpinnya,  diawali pemaparan  dari bidang Pendidikan Luar Sekolah oleh M. Yusuf Wijaya, M.Pd. terkait pendidikan usia dini, akreditasi Madrasah, PAUD, TK, tempat penitipan anak. Menurut Yusuf capaian TK untuk tahun 2021 diharapkan bisa mencapai  70%, sekarang saja sudah 63%. Pendidikan PAUD memberikan stimulus tumbuh kembangnya anak sehingga pihaknya bekerja sama dengan dinas kesehatan memberikan makanan tambahan untuk mengantisipasi stanting. Pusat pendidikan masyarakat  seperti kursus, pendidikan non formal, paket a, b, c.

Sementara di bidang pemuda dan olah raga ada beberapa prestasi yang menjadi acuan keberhasilan di bidang seni, gambar, musik tradisional, penukaran pemuda, pemuda pelopor, pemuda usaha mandiri. Prestasi di bidang renang mendapat juara dua tingkat propinsi, Tukar pemuda juara satu tingkat propinsi, Ke depan semua guru olahraga harus mampu mengembangkan bakat minat peserta didik serta GOR dimanfaatkan oleh semua satuan pendidikan. Papar Muh. Sadik, S.Pd saat pertemuan tersebut. (Hambaly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *