27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Akademisi Senior Dr. KH Purwanto SK, MM,”Hadapi Covid-19 Dengan Ikhtiar dan Perbanyak Berdo’a”

1 min read

Dr.KH.Purwanto SK, MM (Paling Kanan).

DONGGONEWS.com | Jakarta,140620 – Secara medis pengobatan pemerintah terus mengupayakan agar korban Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin. Selain pengobatan medis dan non medis kita dianjurkan untuk selalu hidup bersih serta disiplin. Hampir tiga bulan kita melaksanakan lockdown dan social distancing tetapi kasus Covid-19 sampai hari ini masih berlanjut.

Salah satu contoh dalam skala propinsi misalnya, Nusa Tenggara Barat terkonfirmasi 904 kasus positif Covid-10, 33 orang wafat, 541 dinyatakan sembuh dan sisanya masih dalam perawatan intensif. Tren nasional terkonfirmasi 40 ribu kasus positif Covid-19, 15 ribu sembuh dan 20 ribu lebih dalam perawatan intensif.

Kecuali itu mengatasi Covid-19 jangan lupa selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT pemilik tunggal kesehatan. Dr. KH Purwanto SK, MM, menganjurkan selama pandemi Covid 19 ada baiknya kita membaca Surah 13 ayat 11: “Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya”.

Namun demikian Allah SWT memberi kesempatan kepada manusia, kilahnya, dengan mengutip sepotong ayat Al-qur’an,”Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”.

Terkait ayat ini, lanjutnya, Rosulullah SAW bersabda “Tidak ada yang mengubah takdir kecuali doa, tidak ada yang memanjangkan umur kecuali kebajikan.”

Menurut Kiyai Purwanto, yang juga Warek Universitas Esa Unggul Jakarta, dalam tausiah paginya ada tiga unsur dalam menghadapi Covid 19, Pertama, Manusia mengubah keadaan diri sendiri dengan budaya bersih, menjaga jarak, adab bersih, batuk dan lain-lain. Kedua, Memperbanyak doa keselamatan. Ketiga, Melakukan kebajikan dalam hati, pikiran dan perbuatan.

“Allah dan Rosul telah menentukan jalan ini, tinggal bagaimana kita melaksanakan,” pungkasnya. (DNC-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *