24 April 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Masyarakat Dusun Rasanggaro Desa Mangge Asi Dompu Krisis Air Bersih

2 min read

Oleh : Nurul Ismi
Nim. : L1C019092
Prodi. : Sosiologi/Sem. 3
Universitas Mataram

    Air merupakan sumber kehidupan untuk seluruh mahluk hidup dimuka bumi ini, Terutama untuk memenuhi seluruh kebutuhan manusia. Penyediaan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat merupakan salah satu agenda penting dalam menjamin kebutuhan dasar masyarakatnya. Ketersediaan air bersih terkait dengan kondisi masyarakat yang sangat berpengaruh dalam ekosistem termasuk ketersediaan air. Dengan tingkat padatnya penduduk yang tinggi tentunya dapat berimplikasi terhadap akses untuk memperoleh air. Dengan jumlah penduduk yang tinggi tidak semua komponen masyarakat dapat menkimati air bersih.
   Krisis Air bersih Di Dusun Rasanggaro, Desa Manggeasi Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB) yang disebabkan sarana air bersih yang sulit didapatkan oleh Masyarakatnya. Kurangnya air bersih di Dusun Rasanggaro Desa mangge Asi lantara air yang berpusat pada PDAM sudah tidak berfungsi lagi atau tidak aktif lagi yang disebabkan Masyarakat yang tidak mampu membayar iyuran tiap bulan.

Gambar 1 : Salah satu Warga yang menapung air hujan untuk kebutuhannya.

   Semenjak masyarakat rasanggaro mengalami masalah kesulitan mendapatkan air bersih, masyarakat rasanggaro memanfaatkan air hujan untuk  memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Masyarakat Rasanggaro terus menapug air hujan sebanyak-banyak mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti menyisihkan air untuk pemakaian 2 hari sampai 3 hari karena menurut mereka  tidak selamanya air hujan turun setiap hari makanya masyarakat rasanggaro menyisihkan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, untuk mencuci pakaian, mencuci piring, dan kebutuhan lainnya. Karena menurut mereka air hujan merupakan  salah satu air bersih yang mudah sekali untuk didapatkan apalagi pada saat krisisnya air bersih pada saat sekarang.

Gambar 2 : Waktu Anggota Polsek Dompu menyalurkan air untuk masyarakat Rasanggaro
“Beberapa waktu yang lalu Polsek Dompu menyalurkan air bersih untuk masyarakat rasanggaro. Pihak kepolisian merupakan bagian terpenting dari seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk untuk menyalurkan air”
Dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat rasanggaro untuk mendapatkan air. Bapak Sukardin selaku kepala Dusun Rasanggaro Desa Mangge Asi sangat bersuyukur atas bantuan tersebut Ia mengatakan, “saya selaku Kepala Dusun Rasanggaro Desa Mangge Asi Kabupaten Dompu sangat bersyukur atas bantuan dari Kapolsek Dompu karena sudah menyalurkan air untuk Masyarakat kami yang sedang dalam masa krisis air dan sulit untuk mendapatkan air bersih. Dengan bantuan tersebut Masyarakat Desa kami sangat senang karena mereka merasa tidak terbebani karena sulitnya mendapatkan air”
Menurut saya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut agar persoalan air bersih ini bisa dinikmati dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat membayar kembali tunggakan di Kantor PDAM supaya Air PDAM kembali lancar dan masyarakat Dusun Rsanggaro tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *