13 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Walkot Bima H.Muhammad Lutfi Berhasil Minimalisir Covid 19

1 min read

Dok. portal.bimakota.go.id

DONGGONEWS.com l Kota Bima, 290520 – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, dibawah kepemimpinan Walikota H.Muhammad Lutfi, patut menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lain di Indonesia. Pasalnya, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Kelurahan (PSBK) di lima Kecamatan membuahkan hasil baik. Namun warga diminta tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima, H. Abdul Malik SP, M.AP, mengaku penerapan PSBK di masing-masing kelurahan cukup efektif. Berpengaruh terputus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bima. “PSBK mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Sampai saat ini, tidak ada warga Kota Bima yang terpapar Corona,” katanya kepada pers, di Bima (29/5/2020).

Kendati begitu penerapan PSBK akan terus dilakukan. Seperti tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2020 dan Perubahan Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2020 tentang PSBK di Kota Bima. Penerapan PSBK berlaku hingga masa tanggap darurat bencana nasional Covid 19 dicabut.

Dijelaskan, sejak penerapan PSBK ada beberapa perubahan pasal tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2020. Yakni kegiatan dan aktivitas keagamaan sudah bisa dilaksanakan tapi tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

PSBK diterapkan di 41 Kelurahan dengan melakukan pembatasan kegiatan tertentu. Seperti kegiatan di tempat ibadah, fasilitas umum dan kegiatan sosial budaya. Selain itu membatasi aktifitas masyarakat di luar rumah. Dengan membangun portal, siskamling hingga mendata orang datang dari luar Kelurahan.

Terakhir Malik berharap warga Kota Bima tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat penyebaran covid-19 secara nasional dan regional terus mengalami peningkatan.“Harapan kami agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Tetap menggunakan masker. Jaga jarak dan mencuci tangan,” harapnya. (DNC-03/Visioner/Fahriz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *