27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Pemdes O’o Bagikan BLT DD, Tahap II Untuk 135 KK

2 min read

Foto: Kades O'o Munawir sedang menyerahkan bantuan

DONGGONEWS.com | Bima, 190620 – Pemerintah Desa (Pemdes) O’o Kecamatan Donggo gelotorkan Dana fatastis untuk bantuan langsung tunai (BLT) yakni sebesar RP 260 Juta. Anggaran harus dialokasihkan oleh Pemdes sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 tahun 2020. Wajib menganggrakan BLT Dana Desa sebesar 30 persen dari pagu Dana Desa ( DD) “besarnya alokasi anggaran tersebut juga sudah disetujui oleh BPD setempat ujar Kepala Desa O’o Munawir Jum’at 19 /06/2020

Selain alokasi anggaran BLT Dana Desa, Pemdes juga mengalokasi anggaran penanganan Covid- 19 sekitar 30 Juta. “Kalau ditotalkan Anggaran BLT Dana Desa dan penanganan Covid -19 Desa O’o yang kita alokasikan sebesar Rp 290 Juta. Terangnya”.

Diperuntuhkan 135 KK untuk tahap II ini masing masing mendapatkan Rp 900 ribu untuk satu bulan setengah perKK selama 3 bulan. Untuk Tahap I kemarin Pemdes O’o menyalutkan satu bulan sentengah yang diterima Rp 900 ribu jadi totol yang diterima dua tahap Rp. 1.800 Satu juta delapan ratus ribu rupiah”Pemdes O’o sudah menyalurkan semua BLT DD dari bulan April, Mei dan Juni walau pun penyalurannya Mei untuk tahap I tetap sama hitungannya Rp 600 ribu perbulan.
“135 KK yang mendapatkan BLT Dana Desa tersebut. Nama -nama penerima sudah kami verifikasi dan validasi bebernya”.

Pantauan langsung Wartawan, dalam pembagian BLT turut hadir Camat Donggo, Babinkamtikmas dan para Pendamping Desa serta BPD

Munawir menjelaskan Dana BLT tersebut yakni Dana Desa Tahun 2020. Dengan adanya BLT terpaksa beberapa kegiatan di desa harus dialihkan dan tak bisa dilaksanakan Tahun 2020. Baik itu kegiatan Visik, Pemberdayaan maupun Pembinaan “Ada beberapa kegiatan yang kita alihkan untuk anggaran BLT Dana Desa ini. Seperti Rabat lorong, bedah Rumah, MTQ dan lainnya.” Tuturnya. (DNC-Ruslihin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *