16 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

FUI Pelatihan, Pemda Sumbang Dana

3 min read

Foto: Ketua Panitia, H.Syamsudin, M.Pd pose bersama usai pembukaan

DONGGONEWS.com | Dompu, 250720 – Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Dompu melaksanakan Pelatihan Imam dan Khatib tahap I se-kabupaten Dompu sabtu, (25/07) di Aula Hotel Tursina.

Ketua panitia H. Syamsudin, M.Pd. dalam sambutannya memaparkan tujuan dari acara ini memantapkan materi, tata cara serta rukun khutbah Khotib dan imam dalam menjalankan tugas di atas mimbar.

Di usia ke-15 tahun FUI Dompu melalui kepengurusan periode ke-II dibawah kepimpinan Ir. H. M. Amin baru pertama kali mengadakan kegiatan semacam ini.

“Kegiatan ini memberi arti yang sangat bermakna bagi umat Islam dalam melakukan da’wah khusus di Dompu,” ungkap H. Syamsudin.

Dia juga menyampaikan Visi, Missi FUI Dompu sesuai dengan tema pelatihan yaitu “Melalui Mimbar Da’wah Kita Membangun Peradaban Umat”.

“FUI sebagai penyeimbang antar manhaj dan menjaga Marwah umat Islam”. Ungkap Abi La Isty (Panggilan akrabya, Red).

Acara ini juga disponsori all out oleh Pemda Dompu dan salah seorang perwira aktif TNI, Mayjen H. Wawan Ruswandi, S.Sos, MH Komandan Kopasus pusat senjata Kaveleri Bandung. Dia juga sering membantu pondok pesantren Utsman Bin Affan dalam hal finansial. ” untuk acara ini saja dia sumbang 5 juta rupiah”. Lebih- lebih Pemda Dompu menyumbang 10 juta rupiah melalui asisten I, Ir. Ruslan. Ungkap Bendahara FUI tersebut dengan bangga.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Dompu diwakili oleh Plt asisten I, Ir. Ruslan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, H. Syamsul Rizal, S. Ag, M. Sc, Kapolres Dompu didelegasikan pada Kasat Intel, Iptu Makrus, S.Sos, Kabag Kesra Pemda Dompu dan hampir 60 peserta pelatihan.

Kegiatan ini diagendakan selama 2 hari dengan Narasumber DR. Jurzis ( Materi Komunikasi public ), Ustadz Zainudin My ( Materi terkait khatib ), H.Lalu Syarifudin, Lc, ( Materi Fiqih syarat jadi Iman ), Ustadz Taqiyuddin, S.Pd I (Materi bekal juru da’wah).

Foto: Suasana Sebelum pelatihan dimulai

Pada kesempatan yang sama Asisten I dalam sambutan yang diawali dengan sebuah firman Allah, “Apabila sudah melakukan kegiatan maka kerjakan suatu pekerjaan yang lain dengan sungguh- sungguh”.

Dia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut oleh FUI Dompu bahkan atas nama Pemda Dompu langsung memberikan sumbangan tunai 10 juta rupiah kepada panitia. ” Kegiatan ini sangat langka karena dia berpendapat bahwa menjadi imam dan Khotib diperlukan orang yang benar- benar ahli di bidangnya “. “Pemda Dompu sangat responsif terhadap kegiatan tersebut”. Ungkap Ruslan.

Foto: Asisten I Pemda Dompu, Ir Ruslan Menyerahkan Bantuan kepada Ketua Panitia

” Kita Jangan merasa terbebani dengan kegiatan semacam ini dan kita harus dukung apalagi hal ini untuk kepentingan umat “. Kaum milineal bisa termotivasi dengan kegiatan semacam ini yang memiliki potensial untuk memajukan dunia Islam. Jadi imam dan khatib diperlukan spesialisasi di bidang agama yang teruji kualitasnya. Muazdin saja harus memiliki kriteria tertentu dalam melaksanakan tugasnya. Papar dia.

Kegiatan ini merupakan sarana membentuk kualitas sumber daya manusia untuk kepentingan umat terutama anak muda dan jangan sampai generasi kita terjerumus ke hal negatif seperti narkoba dan semacamnya. Tambah Asisten. Asisten I membuka pelatihan secara resmi. Pemda Dompu menyumbang 10 juta untuk kegiatan pelatihan tersebut.

Ketua FUI Dompu, Ir. H.M Amin, mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu acara ini.
Usai pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan diawli oleh Ustadz Zainudi My dengan materi rukun khutbah Jum’at. Khotib dalam menyampaikan materi khutbah harus memenuhi kriteria rukunnya seperti diawal dan akhir khutbah seperti yang dilakukan oleh imam Syafi’i yaitu Memuji Allah, salawat, sahadat, baca ayat mengajak untuk bertaqwa, wasiat taqwa dan do’a dan susul pemateri berikutnya yaitu DR. Jurzi, Ustadz Taqiyudin, S.Pd I, Ustadz Lalu H. Syarifudin. Acara berjalan lancar dan aman. ( 005 ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *