28 Februari 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kemenag Dompu Tetapkan Idul Adha, Protokol Kesehatan Dijaga

1 min read

Foto: Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, H.Samsul Rizal kedua dari kanan mengenakan kemeja putih

DONGGONEWS.com | Dompu, Hari Raya Idul Qurban 1440 H jatuh pada hari Jum’at tanggal (31/07) tentu saja umat Islam melaksanakan perayaan hari idul adha tersebut di tempat yang luas karena mengingat banyaknya para jama’ah yang melaksanakanya.

Berdasarkan kebiasaan umat Islam dari tahun ke tahun ketika datangnya idul adha mereka secara berbondong-bondong menuju lapangan atau tanah lapang atau Masjid untuk melaksanakan Hari Raya Qurban yang merupakan perintah langsung dari Allah SWT.

Namun di masa pandemi covid 19 ini agak sedikit berbeda suasananya dan harus ekstra waspada untuk melakukan aktivitas yang bersifat ramai-ramai tersebut. Kita sadari atau tidak terkadang virus yang notabene berbahaya itu akan menyerang kita kapan dan dimana pun juga bila tidak memperhatikan apa yang menjadi ketentuan protokol kesehatan oleh pemerintah.

Maka terkait hal tersebut, DONGGONEWS.com mewawancara kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, H.Samsul Rizal, S.Ag. usai menghadiri pelatihan Khotib dan Imam oleh Forum Umat Islam di Hotel Tursina Dompu (25/07). Dia mengatakan “Pemerintah kabupaten Dompu sudah melakukan rapat koordinasi penentuan pelaksanaan shalat idul adha 1440 H karena berdasarkan surat edaran Menteri Agama RI nomor 18 tahun 2020. Ketika wilayah yang zona aman dari covid 19 dianjurkan untuk tetap selalu waspada menjaga serta memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran gugus kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Baik itu di Masjid, Mushalla, tanah lapang atau lainnya dianjurkan menyiapkan wadah cuci tangan dengan tetap jaga kesehatan dengan cara cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker berstandar, jaga jarak. Anjur Samsul Rizal. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *