16 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Asdum Setda Dompu Buka Bimbingan Teknis Statistik Sektoral

2 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 030624 – Asisten Administrasi Umum ( Asdum ) Setda Dompu juga Plt. Kadis Kominfo, Ir. Ruslan, M. Si membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Kegiatan dimaksud berlangsung di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Dompu, Senin (03/06/24) sekira pukul 09.00 Wita – Selesai.

Bimtek tersebut diikuti oleh masing-masing Operator Perangkat Daerah (PD) Se Kabupaten Dompu dan sebagai Narasumber Kegiatan Kabid Aptika Kominfo, Zainal Mutaqien, S.IP, dan Ahli Muda Statistika BPS Kabupaten Dompu.

Hadir di acara yang berlangsung Sekdis Kominfo bersama jajarannya, Insan Pers dan Elemen Penting lainnya.

Asdum Ir. Ruslan dalam arahan di kegiatan yang diagendakan menyampaikan Bimbingan Teknis yang dilakukan merupakan implementasi Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

“Dalam pasal-pasal Prespres ini telah diatur tentang penyelenggaraan tatakelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pemerintah baik Vertikal maupun Daerah”, katanya.

Menurut Ir. Ruslan data-data dari instansi yang disebutkan dipergunakan mendukung perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan.

Katanya lagi mendukung kebijakan dimaksud bagaimana dalam implementasinya adanya kesamaan persepsi dalam penggunaan satu data untuk Indonesia.

“Kebijakan satu data tersebut meliputi keseragaman data dari semua organisasi baik pusat hingga daerah”, tegasnya.

Berikutnya pria yang akrab disapa Dae Mpeo tersebut menyebutkan kegiatan Bimbingan terkait Satu Data Indonesia penting dilakukan.

” Kegiatan Bimtek ini penting dan perlu dilakukan untuk menyatukan persepsi terkait Satu Data Indonesia di berbagai kegiatan pembangunan”, tuturnya.

Diakhir Dae Mpeo mengingatkan peserta Bimtek agar serius mengikuti kegiatan yang berlangsung.

“Mengingat Bimtek ini sangat penting bagi kita semua guna menyiapkan data penting dan dibutuhkan bagi perencanaan pembangunan keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat diharapkan”, ucapnya mengingatkan.

Sebelumnya Sekdis Kominfo, Dwi Erza Zily Surya Dharma, S.IP., M.Si, dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta Bimtek yang berlangsung sebanyak 50 orang, dengan rincian 33 orang dari OPD, 8 orang dari Kantor Kecamatan dan 9 orang dari anggita TPI (Tim Penilai Independen)

“Peserta Bimtek tersebut merupakan operator data masing-masing Perangkat Daerah”, sebutnya.

Dalam pantauan Acara Pembukaan Bimtek berjalan aman, tertib dan lancar dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber.

Sumber: Prokopim Setda Dompu,
Editor: Hambaly Ama La Beby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *