27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Danrem 162 WB Pimpin Upacara di Ponpes Assalam, Dompu-Bima Tidak ada Lagi Radikalisme

3 min read

Foto: Danrem Menyapa santri

DONGGONEWS.com | Dompu, 170820 – Upacara peringatan HUT RI Ke-75 tahun 2020 di Ponpes As Salam Desa Katua kecamatan Dompu dirangkaikan acara silaturahmi Danrem 162/WB dengan para santri dan pengurus Ponpes berlangsung khidmat Senin (17/08).

Foto: Suasana Upacara di lapangan Ponpes Assalam Dompu

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos. SH. M.Han selaku Inspektur Upacara, Komandan Upacara Kapten Inf. Ibrahim (Pasi Inteldim 1614/Dompu) dan Perwira Upacara Letda Inf. Hamzah (Pjs Pasi pers Kodim 1614/Dompu) yang di hadiri sekitar 250 orang.

Foto: Situasi saat upacara berlangsung

Hadir dalam Kegiatan Upacara tersebut Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom,
Wakapolres Dompu, Kompol I Nyoman kuniawan SH, Kasi Intelrem 162/WB Letkol Inf. Setya Asmara, Pjs Kasdim 1614/Dompu Kapten Inf. Ketut Sugra, Pimpinan Rumah Al-Qur’an Husnul Khatimah Dompu, Ustadz M.Taqiuidin S.Pdi.
Pimpinan Yayasan Ponpes Usman Bin Affan Ustadz H. Syamsudin, Pimpinan Pondok As salam Ustadz Mujahidul Haq, S.Pdi, Ustadz Zulfikifli, Ketua Pondok Usman bin Affan Ustadz Zainuddin, S. Pdi,
Perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 1614 Dompu, Dantim Intelrem 162/WB Lettu Chb H. Wahyu Amri. Ustadz Nuh. Jufrin, S.Pd ( Kpl sekolah As Salam),
Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu,
Toga,Tomas,Topem dan masyarakat umum lainnya, serta perwakilan Santriwan dan Santriwati.

Foto: Keadaan Tamu dan penjabat pendamping Danrem
Foto: Situasi Peserta dan Tamu Upacara di Tenda Kehormatan

Pukul 09.30 Wita Danrem 162/WB bersama rombongan tiba di Ponpes As Salam Desa Katua Kecamatan Dompu. Pukul 09.32 Wita kegiatan Upacara di mulai Komandan Upacara memasuki lapangan Upacara dan pasukan di siapkan. Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara pasukan di siapkan, Penghormatan kepada Inspektur Upacara, Laporan Komandan upacara Kepada Inspektur Upacara, Pembacaan Naskah proklamasi.

Mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara.
Pembacaan Do’a oleh Ustadz H. Syamsudin Spd. Usai upacara dirangkai dengan silaturahmi dengan semua ustadz dan santri Ponpes. Pada kesempatan tersebut
Ustadz Mujahidul haq S.Pdi selaku pimpinan Ponpes As Salam memberi sambutan dengan mengucapkan rasa terimakasih kepada Danrem 162/WB karena telah menyempatkan diri hadir dalam Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini. Berterimakasih banyak kepada Kodim 1416 Dompu yang telah banyak membantu Ponpes ini seperti melakukan pembersihan dan lainnya.

Mujahidul Haq juga berharap jangan ada lagi Versi lain bahwa Ponpes As Salam ini sebagai Ponpes yang faham teroris. Pihaknya juga sangat terbuka dalam setiap melaksanakan kegiatan, “Siapapun yang ingin bergabung silakan bergabung, jangan hanya mendengar isu yang tidak pasti dari orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Mujahid.

Lebih lanjut Ketua Ponpes Assalam sangat berharap mulai dari sekarang jangan ada lagi versi dari manapun untuk mengintimidasi para ulama, di mana para ulama di setiap melaksanakan ceramah atau dakwah itu murni untuk mengajak para kaum muda agar menjalankan segala perintah Allah.

Pada kesempatan yang sama Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S. Sos SH MH. M.Han. mengucapkan terimakasih banyak kepada semua unsur dan Danrem 162/WB merasa sangat bahagia dan spesial karena Upacara bendera memperingati HUT RI ini di hadiri oleh semua unsur seperti para Ulama, Ustadz dan para Santri dan santriwati.

“Yang perlu di ketahui bahwa TNI itu berasal dari para anak Kiyai dan ulama, seperti Panglima besar kita Panglima jenderal Sudirman berasal Dari anak Kiyai,” ungkap Ahamd Rizal.

Lebih lanjut dia mengenang sejarah tempo dulu bahwa pada saat perang barisan paling depan adalah para Kiyai dan para Ulama, ” Maka dari itu jika ada anggota TNI dan Polri tidak taat dan sujud kepada Kiyai maka anggota tersebut akan kuwalat,” kenang dia.

“Upacara memperingati HUT RI Ke – 75 tahun 2020 tersebut agar publik Tahu baik di dunia Nasional maupun internasional bahwa di Dompu Bima tidak ada lagi teroris dan Radikalisme,” ungkap Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

Danrem 162/WB membangkitkan rasa nasionalisme para pemuda dan Pemudi agar bisa menjadi orang yang dapat di perhitungkan dalam segala hal yang bersifat positif.

Diakhir amanatnya Danrem 162/WB mengucapkan terima kasih banyak kepada semua unsur yang menyempatkan waktu untuk hadir mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke-75 tahun 2020, ungkapnya mengakhiri sambutan.

Ustadz Zainuddin S. Pdi, Ketua Ponpes UBA dalam sambutannya mengatakan, “Negeri ini di bangun diatas darah para pahlawan Kusuma bangsa, syuhada, dan ulama.”

Oleh karena itu Zainuddin berharap kepada semua pihak, “Jangan ada lagi berpikir Negatif tentang kegiatan ulama dalam menegakkan dunia Islam, lebih-lebih mendiskreditkan ponpes sebagai sarang teroris,” ungkap Ustadz Zein.

Ustadz Zainuddin selaku pimpinan Ponpes sangat terbuka kepada siapapun yang penting menjalin silaturahmi dan komunikasi yang saling mendukung bukan sebaliknya. Lanjut Zein.

Akhir acara dilakukan pemberian piagam dan hadiah pada para juara lomba. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *