27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Poktan Dore Tolo Dapat Program Uppo Dari DPR RI

2 min read

DONGGONEWS.com | Bima, 210820 – Kelompok Tani (Poktan) Ternak Dore Tolo Desa Doridungga Kecamatan Donggo dapat program uppo berupa kandang sapi, rumah uppo atau pengelola pupuk organik serta bibit sapi dari DPR RI H. Johan Rosihan, ST.

Sahrir Selaku Ketua poktan Dore Tolo Desa Doridungga Donggo menyampaikan terima kasih kepada H. Johan Rosihan, ST. Anggota komisi IV/ FPKS DPR RI, “Kita berterimakasih kepada H. Johan Rosihan, ST karena program Uppo menambah semangat kita dalam mengembangbiakan sapi,” ujar Sahrir Jum’at (21/08) pagi.

Kata Sahrir, Program unit pengelola pupuk organik (uppo) adalah merupahkan bantuan Kementerian Pertanian RI melalui aspirasi DPR RI ke Dinas Pertanian Kabupaten Bima dengan tujuan membantu program pemerintah untuk meningkatkan swasembada dibidang ternak, adapun item bantuan: Rumah uppo, Kandang Sapi, Bibit Sapi dan Viar Roda tiga.

“Selain dapat meningkatkan kesejahteraan petani ternak, Program Uppo dapat meningkatkan swasembada dibidang ternak dan bukan hanya Donggo yang mendapatkan bantuan Uppo, tapi, ada juga Kecamatan lain, Kecamatan Woha dan Kecamatan Tambora ” ungkap Sahrir, selaku ketua kelompok Rumah Uppo Donggo

Ia menilai, adanya bantuan sapi induk tentu akan sangat membantu proses peningkatan jumlah produksi ternak. Karena jumlah sapi produktif masi terbatas, sehingga membutuhkan waktu lama untuk bisa menambah jumlah ternak, ” Imbuhnya.

Sementara pengelohan pupuk organik juga agar petani juga tidak bersandar pada pupuk urea saja dan pupuk organik juga bisa menyuburkan tanaman pangan, jagung, palawijo dan lain lain sehingga masyarakat bisa mandiri dalam pengolahan pupuk organik,” katanya.

Dirinya berharap kepada pemerintah pusat melalui DPR RI tidak bosan untuk memberikan bantuan kepada petani yang ada di kabupaten Bima umum di NTB. Sehingga program swasembada di sektor peternakan dapat tercapai, ” Ujarnya. (DNC-Rus*)

1 thought on “Poktan Dore Tolo Dapat Program Uppo Dari DPR RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *