21 Februari 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Kolaborasi Dengan Dompet Dhuafah Pendidikan Dalam Latih Guru

2 min read

DONGGONEWS.com | Bima, 061120 – STKIP Taman Siswa Bima Prodi PGSD berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa Pendidikan melakukan Latih Guru dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Siswa di dalam proses pembelajaran memiliki persepsi masing-masing ” menarik atau tidak “. Itu tergantung bagaimana seorang pendidik mampu menghadirkan cara belajar yang menarik perhatian bagi peserta didik. ” Menarik “, Itulah persepsi awal murid ketika ingin belajar.

Semakin menarik, semakin besar peluang siswa menyerap pelajaran dengan lebih maksimal. Untuk memaksimalkan tercapainya harapan tersebut, maka Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) STKIP Taman Siswa Bima membangun kerjasama ( kolaborasi ) dengan organisasi sosial nasional yaitu Dompet Dhuafa Pendidikan.

Foto: Proses Pelatihan Dalam Ruangan Kampus

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara semi Online dengan menggunakan Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui akun facebook Taman Siswa Bima ( Official ).

Menurut Kaprodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Mariamah, M.Pd. mengaku kegiatan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Bima. Sebagai tahap awal, kegiatan tersebut menyasar mahasiswa reguler 2 ( R2 ) yang memang merupakan guru.

” Program kerjasama dengan Dompet Dhuafa Pendidikan ini merupakan langkah awal yang kami lakukan untuk memberikan pengetahuan dan cara mendidik dengan menarik. Bagi kami, Dompet Dhuafa Pendidikan merupakan organisasi sosial yang sudah menasional dan juga menjadi salah satu fokus adalah tentang pendidikan,” Ujar Mariamah pada media ini di lingkungan STKIP Tamsis Bima, Jumat (06/11/2020).

Dijelaskannya, kegiatan itu akan dilakukan selama empat kali pertemuan dengan materi yang berbeda-beda. Untuk materi pertama, Fun Literacy Activities yang merupakan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berbicara siswa yang di konsep dalam bentuk permainan.
Materi awal ini digelar Kamis (05/11/2020).

” Dari pihak Dompet Dhuafa Pendidikan menawarkan 12 materi yang dipersilahkan pada kami untuk memilih sesuai dengan kebutuhan pelatihan. Kemudian, kami pilih empat materi yang sesuai dengan fokus dan arah capaian di PGSD, ” terangnya.

Secara teknis, lanjut dia, kegiatan akan kami lakukan dalam empat pekan, setiap Kamis, mulai pukul 13.30 – 15.00 Wita. Ia secara pribadi juga merasa sangat bersyukur karena penghubung pihak Dompet Dhuafa Pendidikan adalah Febri Reviani, dia pernah menjadi tenaga pengajar di Prodi PJKR STKIP Tamsis Bima. ” Selain penghubung, Bu Febri juga menjadi pemateri di pertemuan pertama dengan tema Fun Literacy Activities. Saat kegiatan, peserta sangat antusias mengikuti karena bagi peserta materi tersebut sangatlah baru dan menarik ,” kata Mariamah sembari memuji.

Sosok yang merupakan salah seorang Dosen terbaik di Kampus Merah itu berharap pada para peserta baik yang offline maupun yang online lebih aktif lagi untuk bertanya dan berinteraksi. ” Mumpung ada peluang dan ini momen yang sengaja diciptakan untuk melengkapi amunisi mengajar para guru, ” . harap dia mengakhiri ungkapannya (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *