27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Kapolres Dompu Pimpin Apel Siaga, Waspada Bencana Alam

2 min read

DONGGONEWS.com | Dompu, 121120 – Kapolres Dompu pimpin Apel gabungan Kesiapan siagaan antisipasi bencana alam tahun 2020.

Demi mengantisipasi terjadinya bencana alam, maka perlu diambil langkah antisipatif, dalam hal ini harus ditumbuhkan kembangkan kesiap siagaan bila sewaktu waktu sebagai bentuk tindakan preventif.

Terkait apel kesiapan siagaan tersebut berlangsung kamis (12/11/20) pagi tadi sekitar pukul 08.00 wita. Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH.SIK memimpin Apel kesiapan siagaan terhadap bencana alam yang diikuti ratusan personil gabungan TNI Polri dan instansi terkait di Lapangan Beringin pemerintah daerah Dompu.

Hadir pada apel tersebut tersebut Dandim 1614, Sekda Dompu, Drs. Muhibuddin, Kepala BPBD, Jufri ST MSi, Staf pemerintah instansi terkait, PJU Polres dan Kodim serta staf pemerintah deri instansi terkait.

Kapolres yang memimpin jalannya apel gabungan menyampaikan beberapa hal terkait bencana alam.

” Melihat perkembangan situasi nasional saat ini, banyak terjadi bencana alam dan menimbulkan permasalahan seperti memaksa masyarakat untuk mengungsi, adanya korban jiwa serta rusaknya fasilitas publik dan rumah warga.

Foto: Motor Penggerak Persiapan Siaga Waspada Bencana Alam
Foto: Inspeksi Peralatan Persiapan Siaga Waspada Bencana Alam

” Apel kesiapsiagaan bencana alam bertujuan untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Dompu baik berupa kesiapan personil, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya.

Lanjut Kapolres ” Saya berharap agar kita semua dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam .”

” Karena peran serta semua pihak dalam mengawasi dan menciptakan ketenangan akan dirasa cukup efektif untuk sebuah upaya penyelamatan. Menyiapkan logistik dan sikap siaga itu semua bisa mengurangi resiko timbulnya korban jiwa dan kerugian materil.”

” Saya mengajak kepada kita semua agar sama-sama menjaga kesehatan dan stamina diri serta selalu berdoa memohon kepada Tuhan yang Maha Esa agar pelaksanaan tugas kita dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar .” Ajak dia.

Berdasarkan perkiraan cuaca yang disampaikan BMKG bahwa Dompu sudah memasuki musim penghujan sehingga perlu diwaspadai hujan lebat dan angin kencang terutama tanah longsor mengingat wilayah Dompu terbentang daerah pegunungan dan perbukitan yang rentan terjadinya tanah longsor.

Adapun tujuan apel kesipsiagan bencana ini kita lakukan untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Wilayah Kab. Dompu baik baik di musim dingin maupun hujan.

Demikian informasi yang diperoleh media ini via Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah lewat WA pribadinya. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *