27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Tiga Pemuda Kilo Hilang, Terdampar Di Perairan Laut Sangiang Bima

2 min read

DONGGONEWS.com | Dompu, 171120 – Tiga pemuda Kilo dikabarkan hilang di perairan laut Sangiang dan terdampar di tengah laut selama dua hari. Upaya pencarianpun segera dilakukan oleh Anggota Kepolisian Sektor Kilo dan dibantu Pol Airud Polres Bima Kota, Basarnas serta sekelompok Nelayan di kecamatan Kilo.

Ketiga warga yang hilang tersebut yakni Sunardin ( 22 tahun ), Fikram (23 tahun), dan Arifrahman (22 tahun) merupakan warga yang sama yaitu Dusun Paropa, Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

Kapolsek Kilo, Iptu Yuliansyah membenarkan ada laporan bahwa telah diketemukannya ke tiga pemuda yang sempat dikabarkan hilang tersebut. Diapun menjelaskan bahwa Peristiwa hilangnya tiga pemuda yang merupakan warga kilo itu terjadi Minggu 15 Nopember 2020 sekitar pukul. 20.30 wita,

Menurut Iptu Yuliansyah, insiden itu berawal ketika perahu bernama Tampil Beda yang nahkodakai Sunardin beserta kedua rekannya yakni Fikram dan Arif rahman pergi memancing ikan tuna. Jarak tempuh kampung dengan posisi memancing sekitar 25 mil. Namun sekitar pukul 23.30 wita ketiga pemuda tersebut hendak pindah letak tempat memancing tiba-tiba mesin perahu yang kemudikan Sunardin macet (tidak bisa dihidupkan) dan saat itu pula arus sangat keras disertai angin kencang sehingga perahu yang ditumpangi ketiganya terseret arus.

Setelah dievakuasi oleh Apkam, mereka menceritakan apa yang menyebabkan bisa terdampar di tengah laut.

Menurut keterangan ketiganya mesin perahu tidak bisa hidup dikarenakan klep oli mengalami kebocoran atau rusak, sehingga mereka terseret arus dan mengaruskan ketiga pemuda tersebut di tengah laut. Menyadari keadaan yang sangat darurat mereka hanya bisa pasrah diatas perahu sembari menunggu bantuan yang melintasi lokasi pemancingan.

Foto: Ketiga Pemuda Terdampar Tiba Di Dermaga Paropa Kilo Dompu sedang dikawal Apkam

Keesokan harinya, Senin 16 november 2020 sekitar pukul 17.30 wita salah seorang nelayan Andi Arahman yang ikut berbagung dalam pencarian keberadaan tiga pemuda tersebut melintasi perairan laut sangiang dan melihat ketiga pemuda yang tengah terdampar diperairan Toro naru wilayah Laut sangiang kecamatan Wera Timur, Kabupaten Bima dalam keadaan selamat.

Setelah melihat ketiga pemuda terdampar tadi kemudian Andi Rahman melakukan koordinasi dengan kepolisian yang saat itu tengah melakukan upaya pencarian keberadaan mereka. Selanjutnya oleh kepolisian Sektor Kilo, Basarnas Kabupaten Bima dan pol Airud Bima Kota serta beberapa nelayan yang ikut bergabung dalam pencarian korbanpun dievakuasi dan dibawa pulang.

Ketiga pemuda beserta perahu mesin macet terdampar itu dibawa pulang dengan cara ditarik dengan menggunakan perahu lain hingga sampai didermaga Paropa Desa Malaju Kilo.

Setelah sampai di Dermaga kilo, selasa sekitar pukul 11.30 Wita, ketiga pemuda langsung dilakukan pengecekan kesehatan oleh pihak Pukesmas Kilo selanjutnya korban dipulangkan ke rumah masing-masing.

Demikian informasi yang diperoleh media ini via Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah lewat WA ponsel miliknya Selasa sore, 17/11/2020. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *