13 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bupati Bima Pimpin Study Banding Di Bangli

2 min read

Foto : Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Bupati Bangli, I Made Gianyar, SH, M.Hum

DONGGONEWS.com | Bima – Bupati kabupaten Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin rombongan study banding ke Kabupaten Bangli Propinsi Bali beberapa waktu lalu. Bupati wanita pertama di NTB tersebut membawa dua puluh tiga personil dengan tujuan melakukan studykelayakan terkait daerah terbersih. Menurut Kasubag Informasi dan Pemberitaan Humas Setda Bima, Zainuddin, S.Sos, Bupati merujuk kabupaten Bangli sebagai salah satu kabupaten yang menjadi tujuan study banding bagi rombongannya karena diakui memiliki sebuah desa terbersih di dunia.

Desa yang diberi nama desa Penglipura itu memang sejak dulu sudah terbiasa dengan lingkungan bersih dan masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. Mereka akan belajar banyak bagaimana trik dan upaya masyarakat setempat sehingga desa Penglipura di Bangli itu mampu dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Rombongan yang terdiri dari lima belas Sekcam, tiga orang Kasi Kecamatan, dan sejumlah pejabat lainnya ikut ambil bagian dalam lawatan tersebut. “Study banding tersebut bertujuan untuk belajar dan menggali potensi apa yang ada di Bangli, khususnya di Desa Penglipura hingga mampu tercatat sebagai desa terbersih di Indonesia dan nomor tiga di dunia “. Ujar Zainuddin ketika ditanya DONGGONEWS.com 17/9/2019.

Di sana juga rombongan yang dipimpin Bupati wanita cantik itu akan belajar soal kebersihan dan bagaimana menyelenggarakan pemerintahan yang baik (Good Governmence). Kemudian setelah mereka melakukan lawatan sekaligus study banding di desa Penglipura diharapkan dapat diterapkan dimasing-masing desa yang ada di kabupaten Bima sehingga ke depan desa di wilayah hukumnya bisa menyamai desa lain di luar NTB.

Bupati juga membawa rombongan dari kecamatan guna melakukan pendampingan langsung pada desa di masing-masing kecamatan. Kegiatan Bupati dan rombongan itu akan berlangsung selama empat hari yaitu mulai tanggal 16 sampai 19 September 2019. Tutur pria yang akrab di panggil K-Zen itu. Kehadiran Indah Dhamayanti Putri itu disambut langsung oleh Bupati Bangli, I Made Gianyar, SH, M.Hum. Pertemuan kedua kepala daerah tersebut ditandai dengan serah terima Cinderamata di Lare-Lare Kantor setempat. ( Sirajudin, S.I.Kom )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *