13 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Polda NTB Resmi Bangun Gedung Kantor Bidokes

2 min read

DONGGONEWS.com | Mataram, 111220 – Kepala Kepolsian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol Mohammad Iqbal S.IK, M.H, meletakan batu pertama pembangunan gedung Bidang Dokter Kesehatan Polda NTB, di jalan Majapahit, Kecamatan Ampenan Kota Mataram, Jumat (12/12).

Selain kantor Bidang Dokter Kesehatan (Bidokes), gedung tersebut akan dijadikan sekretariat Disaster Victim Identification (DVI) dan Poliklinik Bahara Daksa Polda NTB.

“Gedung ini kami pandang perlu karena gedung Bidokes di Polda NTB belum ada. Sementara ini masih menggunakan rumah dinas Kepala Bidang Oprasi” ungkap Kapolda, usai pelasksanaan peletakan batu partama, Jumat (12/12).

Pembangunan Bidokes untuk pelayanan meningkatkan kesehatan anggota kepolisian di Polda NTB.

“Kita harus sehat dulu. Bagaimana kita menegakkan Kamtibmas dan protokol kesehatan kalau anggota tidak sehat,” tukasnya.

Menghadapi berbagai hal di NTB seperti pelaksanaan MotoGP dan beroprasi KEK Mandalika menjadi salah satu Alasan Kapolda membangun gedung Bidokes.

“Pembangunan gedung ini juga menjadi salah satu supporting system dari polda NTB untuk menghadapi semua itu,” ungkapnya

Termasuk menghadapi berbagai bencana sering timbul di NTB, Sekretariat DVI juga dipandang perlu karena salah satu bentuk nyata kemampuan Kedokteran Kesehatan Kepolisian RI dalam mengatasi tingginya tuntutan masyarakat terhadap kepastian hukum dan hak asasi manusia terkait korban bencana setiap saat bisa terjadi secara tiba tiba.

Seperti Gempa melanda NTB beberapa tahun lalu, anggota DVI turun melakukan identivikasi terhadap wargaterkena dampak bencana.

“Kebetulan juga Kabidokes ahlinya dalam bidang indentivikasi, jadi perlu kita kembangkan keahliannya,” cetusnya.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabidokes) Polda NTB KBP dr H Erwinn Zainul Hakim MARS, MH.Kes menambakan ada tiga kegunaan gedung Bidokes. Diantaranya, sebagai kantor Bidokes, Sekretariat DVI dan poliklinik Bahara Daksa Polda NTB.

Dikatakan, pelayanan kesehatan ditempa nanti bukan hanya untuk anggota dan keluarga Polda NTB saja. Namun masyarakat umum juga akan di layani.

Menariknya, masayarakat yang meggunakan kartu BPJS akan di layani juga. Pihaknya sudah persiapkan 5 Dokter umum yanh akan melayanai anggota dan masyarakat datang berobat ketempat itu.

Namun perlu diketahui bahwa pelayanan kesehatan di Poliklinik untuk pasien melakukan rawat jalan saja. Sementara pasien rawat inap pihaknya sudah ada Rumah Sakit Bayangkara di jalan Langko kota Mataram, tempat merujuk pasien membutuhkan Rawat Inap. (DNC-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *