16 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Ditengah Pandemi Covid-19, Muslim Amerika Serikat Merayakan Idul Fitri

1 min read

Illustrasi: TribunAsia.com

DONGGONEWS.com | Jakarta, 240520 – Hari Raya Idul Fitri 1441 H, terasa berbeda adanya pandemi virus corona. Bukan hanya di Indonesia. Umata muslim dunia. Sebut saja umat muslim di Micihgan juga ikut merasakan perbedaan Hari Raya ditengah pandemi.

Mahmoud Al-Hadidi, seorang dokter dan ketua Dewan Komunitas Muslim Michigan ungkapkan, Idul Fitri di negara bagian Michigan AS tahun ini sangat berbeda.

Hal tersebut ada beberapa kegiatan tidak bisa digelar karena Covid-19. Menyadur Al Jazeera, tidak ada solat di masjid-masjid. Tidak ada sarapan bersama. Tidak ada karnaval dan tidak ada pesta malam. Bahkan pertemuan keluarga akan dibatasi.

“Biasanya kami mengadakan pesta besar di rumah saya dengan 400 hingga 500 orang,” kata Al-Hadidi kepada Al Jazeera.

“Saya tidak akan melakukan itu tahun ini. Saya akan bersama keluarga dekat saya, dan kita tinggal di rumah.” kata Al-Hadidi.

Pembatasan pertemuan massal diberlakukan untuk menahan penyebaran virus corona. Diperkirakan akan berlangsung setidaknya 28 Mei. Namun tidak mengurangi semangat merayakan Hari Raya Idul Fitri.
Penduduk Michigan tenggara, rumah bagi salah satu komunitas Muslim terbesar di Amerika Serikat, mengatakan mereka memiliki cara inovatif untuk menyambut Idul Fitri. Sambil tetap berpegang pada langkah-langkah menjauhkan sosial. (DNC-03/ Dany Garjito/ Hikmawan Muhamad Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *