27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Sekjen MUI Abbas Minta Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Dicopot

1 min read

Dok. radiodms.com

Jakarta, Pernyataan kontroversial Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi yang mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama menuai kecaman.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Abbas pun mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencopot Yudian yang baru dilantik pekan lalu itu.

Yudian Wahyudi, Rektor yang Sempat Larang Cadar di UIN Jogja. “Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu maka tindakan presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat,” kata Abbas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/2).

Dinilai Abbas, pemikiran dan pemahaman Yudian, tentang Pancasila ini bisa mengancam eksistensi negara. Selain itu, dikhawatir pemikiran Yudian, menjadi destruktif terhadap pengakuan agama dalam Pancasila.

“Lalu timbul pertanyaan kalau agama harus diberangus lalu sila pertama dari Pancasila tersebut mau dikemanakan. Dibuang? Kalau dibuang berarti tidak Pancasila lagi dan berarti negara ini bubar,” ujar Abbas.

Dikatakan, pemahaman rakyat Indonesia tentang Pancasila akan sulit terwujud karena pimpinan BPIP memiliki cara pandang yang sangat bahayakan.

“Oleh karena itu kalau yang bersangkutan benar punya pandangan seperti itu maka pilihan yang tepat untuk kebaikan bangsa dan negara yaitu yang bersangkutan mundur atau dimundurkan,” tuturnya.

“Sebab kalau yang bersangkutan tidak diberhentikan dan tetap terus duduk di sana maka BPIP ini sudah tentu akan kehilangan trust atau kepercayaan dari rakyat,” tambah Abbas. (***/DCN-001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *