27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bupati Dompu Hadiri Rapat Paripurna Banggar RAPBD II Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2021

4 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 301120- Pada senin 30 November 2020 pukul 10.30 s.d 13.30 Wita, diruang Sidang Utama Kantor DPRD Dompu Jl. Soekarno – Hatta Kel. Bada Kec. Dompu Kab. Dompu, telah berlangsung kegiatan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu, dengan agenda sebagai berikut :
Laporan Banggar terhadap hasil pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021.

Penyampaian laporan hasil pembahasan Bapemperda DPRD Kab. Dompu.
Jawaban Pamerintah atas Laporan Banggar dan Laporan Bapemperda DPRD Kab. Dompu.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain ; 1. Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, 2. Sekda Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si

3. Ketua DPRD Kab. Dompu, Andi Bachtiar, A.Md.Par,

4. Wakil Ketua I DPRD, Muhammad Ami , S. Pd, Wakil Ketua II M. Jamaluddin, S.Sos dan Anggota DPRD Kab. Dompu,
5. Kepala Kejaksaan Negeri Dompu, M.Abeto. H, S.H., M.H,
6. Waka Polres Dompu, Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, S.H,
7. PasiLog Kodim 1614 Dompu, Kapten I Ketut Sugra, Asisten dan staf ahli Pemerintah Daerah Dompu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Dompu,
Pimpinan SKPD dan pejabat Struktural Lingkup Pemda Kab. Dompu, Peserta kegiatan rapat 50 orang.

Penyampaian Laporan Banggar terhadap hasil pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 oleh Ketua komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun.
Penyampaian laporan hasil pembahasan Bapemperda (Badan Pembentukan Perda) DPRD Kab. Dompu.

Penyampaian Jawaban Pamerintah atas Laporan Banggar dan Laporan Bapemperda DPRD Kab. Dompu oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin sebagai berikut; APBD tahun anggaran 2021 merupakan penyempurnaan regulasi dari peraturan pemerintah nomor lima delapan (58) tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri nomor 12 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah di mana pada Bkt belas tahun 2019 terdapat berbagai struktur APBD dan penerapan sistem integrasi pemerintah daerah yang mengintegrasikan proses atau tahapan perencanaan penganggaran dan Penata usahaan hingga pelaporan dan pertangungjawaban keuangan daerah dalam satu sistem.

Mengenai usul saran yang disampaikan oleh badan anggaran DPRD untuk APBD tahun 2002 satu yang termuat dalam program kegiatan belanja pada seluruh OPD sehingga belanja mengalami perubahan posisi pendapatan maupun belanja daerah.

Dari usul saran yang disampaikan melalui hasil pembahasan Raperda APBD APBD tahun anggaran 2021 yang dilakukan oleh panitia Banggar di atas serta untuk menghadapi pembangunan pemerintah Kabupaten Dompu untuk satu tahun ke depan yang termuat dalam program kegiatan belanja pada seluruh OPD maka laporan hasil pembahasan badan anggaran DPRD terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2021, sebagai beriku; Terkait penginputan belanja pada sistem PPDB di mana terdapat masih adanya kesalahan dalam perencanaan program kegiatan dan penginputan standar satuan harga, standar biaya upah , harga satuan pokok kegiatan dan anggaran satuan belanja untuk lebih teliti lagi. Untuk memenuhi angkatan kerja dengan skin atuh keahlian tertentu akan dilakukan pelatihan kerja sehingga membutuhkan balai latihan kerja. Untuk peningkatan program pelayanan persembahan pemerintah Kabupaten Dompu melakukan pengadaan mobil sampah secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dengan adanya pengadaan satu unit mobil sampah pada APBD tahun anggaran 2021. Mengenai kesejahteraan guru Honorer daerah akan tetap diupayakan untuk peningkatan insentif. Terkait dengan akses informasi terhadap informasi pelaksanaan pembangunan di daerah pembentukan Dompu akan lebih meningkatkan dan menambah jaringan website sesuai target RPJMD tahun 2021 untuk untuk mendukung promosi pariwisata dan mendukung kegiatan kegiatan banyak di pemerintah Kabupaten Dompu. Mengenai lokasi pembangunan Puskesmas Nanga Chara di kecamatan pekat. Untuk rencana relokasi Puskesmas kota yang berolah berlokasi di perempatan sweater berpotensi menimbulkan kemacetan baru karena mengingat pada jalur tersebut terdapat terminal bayangan pemerintah ukuran Dompu telah melakukan perencanaan secara matang dan melakukan studi kelayakan dengan adanya dukungan luas area yang sangat memungkinkan untuk mengatur lalin dan menghindari kemacetan.

Penyampaian Kata Akhir oleh masing-masing Fraksi DPRD Kab. Dompu yang intinya menerima dan menyetujui Raperda RAPBD tahun anggaran 2021 dan Raperda Kesetaraan Gander.

Pembacaan dan Penandatangan Berita Acara Raperda RAPBD tahun anggaran 2021 oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Ketua DPRD Kab. Dompu Andi Bachtiar, A.Md.Par, Wakil Ketua I DPRD Muhammad Amin, S. Pd dan Wakil Ketua II M. Jamaluddin, S.Sos.

Sambutan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin “Saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dompu yang telah melewati berbagai tahapan dan proses yang membutuhkan perhatian dan tanggung jawab yang besar dari segenap pimpinan dan anggota DPR ke menumpuk lebih khusus kepada Banggar DPRD dan Bapepam Perda DPRD Kabupaten Dompu dalam pembahasan Raperda APBD Kabupaten Dompu tahun 2022 dan Raperda pengarusutamaan gender menjadi peraturan daerah Bandung puluh tahun 2020 secara bersama”.

Ini adalah wujud Kepedulian akan tanggung jawab kita bersama dari segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah dan mampu menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah APBD kubantu tahun 2002 satu dan Raperda pengarusutamaan gender menjadi peraturan daerah.

APBD 2021 adalah APBD terakhir baru periode kepemimpinan saya sebagai Bupati Dompu masa bakti 2016-2021 satu oleh karena demikian saya sangat berharap di akhir periode kepemimpinan saya APBD yang telah kita sahkan hari ini memberi arti yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat dan daerah Kabupaten Dompu.

Agenda besar kita selanjutnya di waktu dekat Ini adalah pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu sesuai jadwal dari komisi pemilihan umum atau ndak sanakan pada 9 Desember 2020 dengan nomor ini saya mengajak kepada kita semua dan seluruh masyarakat bukan Dompu putuskan bersama sama mensukseskan pelaksanaan agenda Pilkada ini, Agenda pembilang Bupati dan wakil perempuan menjadi penting untuk kelanjutan program dan kegiatan pembangunan di kuburan Dompu pada lima tahun berikutnya dan saya terus menghimbau kita semua dalam berbagai aktivitas nya agar terus mematuhi peraturan protocol kesehatan COVID-19.

“Saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya kepada anggota DPRD Kab. Dompu dari periode sebelumnya dan periode sekarang selama 10 tahun saya menjabat sebagai bupati Dompu”. ( DNC-005 )

2 thoughts on “Bupati Dompu Hadiri Rapat Paripurna Banggar RAPBD II Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *