24 April 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bupati Dompu Pimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional

2 min read

Foto : Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin memimpin Upacara HUT ke 74 Pahlawan Nasional di Lapangan Beringin Pemkab Dompu

DONGGONEWS.com | Dompu – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin pimpin upacara hari Pahlawan Nasional 10 November 2019 di Lapangan Beringin Kantor Paruga Parenta, Dana Nggahi Rawi Pahu, Ahad, (10/11).

Adapun sebagai personil upacara antara lain : Pembaca teks UUD 1945 oleh wakil ketua DPRD Dompu, Jamaludin, S.Sos, Do’a oleh Kepala Kemenag kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M.Si, Komandan upacara oleh Kapten Inf. Syafi’i .

Hadir dalam HUT ke 74 peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia itu sejumlah pejabat teras Pemkab Dompu Diantaranya Kapolres Dompu, AKBP Erwin Suwondo, S, Ik. M. Ik, Dandim 1614 Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono, S. Kom, Kajari, Ketua Pengadilan, Kepala Dinas, ASN, Guru, Siswa se kabupaten Dompu memadati lapangan setempat.

Bupati Dompu, HBY hanya membacakan amanat Mensos RI, Juliari Peter Batubara terkait makna dibalik hari Pahlawan Nasional tahun 2019. HBY yang menggunakan setelan jas, celana hitam memulai bacaan teks Mensos RI dengan mengucap “bismillahirahmaniurrahim”. Hari ini kita bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan Nasional 10 November 2019, setiap hari pahlawan kita diingatkan kembali peristiwa 10 November 1945 di Surabaya sebagai hari bersejarah dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah untuk merebut kembali kemerdekaan RI.

Foto : Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih saat Upacara Hari Pahlawan Nasional 2019 di Lapangan Beringin Pemkab Dompu

Perjuangan para pahlawan tempo dulu rela mengorbankan jiwa raga demi mempertahankan NKRI dari kaum penjajah. Semangat yang telah ditunjukan oleh pejuang pahlawan bangsa Indonesia itu perlu kita ambil hikmah dibalik kegigihan mereka, maka momentum HUT ke-74 Pahlawan Nasional ini kita sebagai generasi bangsa Indonesia bahu membahu mengisi kemerdekaan itu dengan semangat membangun indonesia seutuhnya dari segala lini.

Dengan memperingati hari pahlawan ini kita dapat menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan pendahulu kita sebagaimana yang telah dikatakan oleh founderfather bangsa Indonesia, Bung Karno “Hanya bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawan yang akan menjadi bangsa yang besar”.

Selain dari itu semangat hari Pahlawan Nasional, kita bangkitkan untuk berinovasi bagi anak bangsa Indonesia sebagaimana tema dari HUT ke 74 Pahlawan Nasional Indonesia saat ini yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa saja dalam bangsa indonesia ini dalam bentuk aksi nyata seperti menolong sesama, tidak melakukan provokasi yang menimbulkan hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis yang dapat merugikan orang lain. Jika dahulu dilakukan dengan pengorbanan tenaga jiwa raga, harta, bahkan nyawa, maka sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya bisa mengangkat senjata tapi dengan cara lain yaitu menggoreskan prestasi di segala bidang ilmu pengetahuan serta kerja nyata, memberikan yang bermanfaat bagi orang lain, mengaharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. (Ama La Beby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *