13 Juni 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Angka Anak yang Berhadapan Dengan Hukum Masih Tinggi di Tahun 2019

2 min read

Dayat Pekerja sosial perlindungan anak yang bertugas di Kab. Bima

DONGGONEWS.com | Bima – Seolah tidak ada habisnya permasalahan anak kian tahunnya menembus angka yang fabtastis. Hal tersebut diungkapkan pekerja Sosial Perlindungan Anak dari Kementerian Sosial yang bertugas di Kab. Bima Abd. Rahman Hidayat, SST menurutnya sejak 2017 kemarin hingga 2019 tercatat sebanyak 327 kasus anak diantaranya tahun 2017 sebanyak 106 kasus, tahun 2018 sebanyak 116 kasus, dan di tahun 2019 sebanyak 105 kasus. Kebanyakan dari kasus tersebut di dominasi anak sebagai korban persetubuhan dan pelaku pencurian tambahnya.

Tinggi kasus anak tersebut lebih lanjut Dayat menjelaskan dari hasil asesmen yang dilakukan oleh dirinya dan rekannya Baiq dian Hurriati, S.Sos diktehuai bahwa faktor penyebab adalah dari pola asuh yang buruk dimana banyak orangtua cenderung melakukan pengabaian terhadap anaknya dengan tidak memberikan perhatian dan pengawasan yang tepat sehingga anak mudah menjadi korban dan pelaku. Selain itu kurangnya pemahaman orangtua tentang media sosial memperburuk pengawasan mereka karena kebanyakan kasus persetubuhan berawal dari media sosial dengan menggunakan Android sementara untuk kasus pencurian berawal dari anak anak yang suka keluar malam dan tidak menginap dirumah.

“Orangtua tidak memberikan pengawasan dan perhatian yang tepat semisal anak tidak ditanya akan kemana atau membiarkan anaknya menginap dan keluyuran malam”, tambahnya.

Menanggapi tinggi permasalahan anak yang berhadapan dengan hukum beber Dayat pihaknya tetap konsisten melakukan upaya pencegahan baik di masyarakat ataupun di lingkungan sekolah dengan melakukan kegiatan sosialisasi berupa kegiatan Peksos goes to school dan kegiatan temu penguatan kapasitas anak dan keluarga yang bertujuan memberikan informasi tentang bagaimana mencegah agar tidak menjadi korban kekerasan seksual dan kekerasan fisik serta memberikan pemahaman terhadap orangtua tentang bagaimana pengasuhan anak yang tepat dan baik.

Sebelum mengahiri percakapannya dayat yang dihubungi tim DONGGONEWS.com meminta kepada semua pihak agar peduli terhadap anak dengan memberikan perhatian dan pengawasan yang tepat, agar anak terhindar dari korban ataupun pelaku, utamanya ia meminta kepada orangtua dan lingkungan anak, tutupnya. (DNC-Yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *