27 Januari 2023

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

10 Judul Bertema Literasi dan Lingkungan Lolos, Penerima Hibah Internal “Diaktivasi”

3 min read

Dok.DONGGONEWS.com

DONGGONEWS.com | Bima – Belum lama ini, STKIP Tamsis Bima membuka program hibah internal. Dana Hibah pengabdian yang berjumlah puluhan juta tersebut dikeluarkan oleh yayasan dan kampus untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen. Tema yang diusung adalah Penguatan Literasi dan Sadar Lingkungan. Melalui tema tersebut, diharapkan sejumlah dosen dapat ikut berkontribusi memberikan dan menebar semangat literasi untuk mitra-mitra pengabdian. Selain itu Tema Sadar lingkungan juga ikut diusung mengingat isu lingkungan masih menjadi isu yag sangat hangat di masyarakat Bima. Bahkan masih menjadi isu nasional. Dari kegiatan pengabdian ini, diharapkan STKIP Tamsis Bima andil berperan membantu masyarakat dan menawarkan solusi dari sejumlah permasalahan yang ada.

Disampaikan ketua LPPM, Anisah, M.Pd., sebelum tanda tangan kontrak, LPPM awalnya mengumumkan secara resmi pembukaan penerimaan proposal hibah pengabdian internal kepada semua dosen tetap melalui prodi-prodi. Dengan antusias dosen-dosen setempat berlomba mengajukan hibah internal. Tercatat, puluhan proposal berkualitas yang diajukan.

“Proposalnya, semua berkualitas, namun berdasarkan ketentuan awal hanya 10 proposal terbaik yang didanai. Adapun proposal-proposal yang belum didanai diberikan kesempatan untuk diajukan di hibah berikutnya,” jelasnya saat membuka rapat pencairan dana hibah internal di ruang rapat terbatas Ketua STKIP Tamsis Bima, Rabu (22/1/2020).

Selanjutnya setelah tanda tangan kontrak, para penerima hibah akan diaktivasi. Yaitu. akan mulai melaksanakan program pengabdiannya dan menyiapkan segala luaran-luaran yang dijanjikan dalam proposal. Hibah pengabdian seperti ini, bukan yang pertama dilakukan oleh STKIP Tamsis Bima. Program Hibah ini, rutin dilaksanakan setiap tahun meskipun tahun 2019 sempat tidak dilaksanakan karena padatnya agenda kampus.

“Tidak hanya hibah pengabdian tetapi hibah penelitianpun rutin dilaksanakan. Hibah Internal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan dosen-dosen dalam menghadapi hibah-hibah eksternal dari kementrian dan hibah dari mitra kampus. Melalui Hibah Internal dosen dapat memperkaya pengalaman dalam melakukan program pemberdayaan terhadap masyarakat tentunya di bawah pengawasan Ketua dan LPPM. Hal-hal tersebut menjadi komitmen dari STKIP Taman Siswa Bima yang didukung oleh yayasan untuk terus mengembangkan diri dan menunjukkan eksistensi keberadaannya di tengah masyarakat,” urai Anisah.

Dalam sambutannya ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr.Ibnu Khaldun Sudirman memberikan selamat kepada dosen pemenang hibah. Dan berpesan agar dosen dapat menjadi insan yang bermanfaat dan memiliki kepedulian terhadap permasalahan masyarakat. Dan Hibah ini adalah salah satu upaya mewujudkan kepedulian itu.

Untuk diketahui, STKIP Tamsis Bima melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegitan tanda tangan kontrak dan realisasi dana Hibah Internal atau Hibah Yayasan. Dalam kegiatan tersebut sejumlah 10 tim pelaksana pengabdian masyarakat mendapatkan dana dari Yayasan Lembaga Pendidikan Tamsis Bima tahun 2020. Kegiatan penandatanganan kontrak ini merupakan bagian awal sebelum pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat oleh masing-masing tim dosen.

Kegiatan yang dilaksankan pada hari Rabu, 22 Januari 2020 bertempat di ruang Ketua STKIP Taman Siswa Bima dihadiri oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Ketua LPPM, sekretaris dan staff LPPM beserta dengan 27 dosen dengan rincian 10 dosen sebagai ketua tim dan 17 dosen merupakan anggota dari masing-masing tim pelaksana pengabdian.

Berikut judul proposal dan ketua tim pengusul yang lolos seleksi:

Workshop Pengolahan sampah dan pendirian Bank Sampah bagi ibu-ibu Rumah Tangga Desa Bolo Kecamatan Madapangga, Ratnah, M.Pd.

Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Siswa-Siswa SMA Berprestasi di SMA Kec. Bolo, Arif Hidayad, M.Pd.

PKM: Pelatihan Bahasa Pemprograman Maple untuk Guru Matematika dan IPA SMA Sederajat di Kecamatan Belo, Muhammad Ghazali.

PKM: Pelatihan Pengembangan Skill Bahasa Inggris (School Camp) SMA Sederajat di Kec. Woha, Ramli, M.Pd.

Pelatihan Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Computer Based Test, Agustinasari, M.Pd.

Peningkatan Kesadaran Masyarakat Kampus (Dosen dan Mahasiswa) terhadap Kesehatan Lingkunga Kampus melalui Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan, Mardian Andriani, M.Kes.

Pengambangan Nilai-nilai Al-Quran pada Anak Melalui Pembentukan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Desa Naru Kecamatan Woha, Muhammad, M.Pd.I.

Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Gerakan Reading Corner di SDn Inp.Samili 2, Husnul Khatimah, M.Pd.

Merawat generasi Melalui Rumah Baca Masyarakat Suku sambori (Ruba Masusa), Nurhidayah.

Pengembangan Media Pembelajaran Video dengan Video Scribe untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 40 di SD, Muh. Rijalul Akbar. (DNC-Fiqry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *