27 Juli 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Tentang STKIP Tamsis Bima: Capaian Pembuka Tahun, 17 Proposal Hibah Didanai Kemenristek

3 min read

Dok. DONGGONEWS.com

DONGGONEWS.com | Bima – Apalagi namanya, jika bukan luar biasa. Ungkapan, usaha tak menghianati hasil, benar-benar dirasakan STKIP Tamsis Bima. Bilamana tidak, jumlah proposal hibah dari kemenristek meningkat dari tahun ke tahun. Terbaru, membuka capaian 2020, 17 proposal lolos: 12 proposal Skim Penelitian Dosen Pemula (PDP), empat proposal Skim Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) dan satu proposal pengabdian Skim PKMS.

“Lagi dan lagi STKIP Taman Siswa Bima menunjukkan Kualitasnya. Kali ini kabar gembira datang dari prestasi dosen-dosen terbaik STKIP Taman Siswa Bima di bidang Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Sebanyak 12 proposal Penelitian Dosen Pemula (PKPT), 4 proposal Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) usulan baru, 1 PKPT lanjutan dan 1 Proposal Pengabdian Masyarakat pada SKIM PKMS di danai Kemenristek untuk tahun 2020. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang 12 tahun usia taman Siswa Bima,” bangga Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima, Anisah, M.Pd., saat dikonformasi via smartphonya, Rabu (29/1/2020).

Sejak kepemimpinan diamanahkan kepada Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, 2015 silam, berbagai gebrakan, ide dan inovasi terus dilakukan guna meningkatkan kualitas dan prestasi civitas akademika. Alhasil banyak pencapaian-pencapaian dan prestai yang diraih selama beberapa tahun terakhir, terutama prestasi dosen di bidang penelitian dan pengebdian masyarakat. Hibah Penelitian dan Pengabdian masyarakat STKIP Tamsis Bima dari tahun ke tahun terus melonjak naik.

“Tercatat tahun 2016 STKIP Taman Siswa Bima memulai dengan 2 proposal penelitian dosen pemula yang di danai, di tahun berikutnya 2017 terdapat 7 proposal Hibah PDP yang di danai. Di tahun 2018 terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu terdapat 11 proposal PDP, 1 PKPT dan 2 Proposal pengabdian masyarakat. Kala itu dana hibah yang dikelola oleh STKIP Tamsis Bima mencapai 400 juta rupiah,” papar Anisah.

Kemudian di tahun 2019, sekolah tinggi berjuluk kampus merah itu tidak berhenti melakukan berbagai langkah—langkah untuk meningkatkan keterlibatan dosen dalam mengajukan hibah. Sejumlah pakar dari kampus ternama didatangkan, reviewer nasional diundang untuk meberikan workshop, Bimtek dan pelatihan. Beberapa pelatihan bergengsi yang diadakan di luar kampus juga terus diikuti guna meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal hibah yang didanai.

“Alhasil pada tahun 2019 sebanyak 9 proposal PDP, 2 PKPT dan 1 PKM didanai saat itu. Tidak tanggung-tanggung dana hibah yang diberikan kepada dosen STKIP Tamsis Bima lebih dari setengah miliar rupiah. Yang berbeda di tahun 2019 adalah bahwa SKIM penelitian dosen banyak yang sudah meningkat,” urai Anisah.

Hasil tersebut tidak menjadikan STKIP Tamsis Bima berpuas diri. Sadar di tahun 2020 sudah banyak dosen yang naik SKIM, maka perlu strategi yang tepat untuk mendukung capaian dosen pada skim yang lebih tinggi. Untuk persiapan hibah 2020, lanjut Anisah, LPPM menyiapkan serangkaian kegiatan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas proposal Hibah Dosen. Strategi yang digunakan yang berbeda adalah program satu dosen satu proposal. “Hasilnya luar biasa, di tahun 2020 ini STKIP Taman Siswa Bima berhasil meloloskan 12 proposal hibah PDP, empat Hibah PKPT dan satu hibah pengabdian masyarakat. Diperkirakan dari hibah tersebut Tamsis akan mendapatkan dana penelitian dan pengabdian hampir 1Miliar,” jelasnya.

Sebagai Ketua LPPM, Anisah mengaku sangat bahagia dengan hasil tersebut. Tentunya itu semua berkat dukungan dari Yayasan dan Ketua STKIP Tamsis Bima, kesolidan staf dan pegawai LPPM, dan semangat yang tinggi dari dosen-dosen dalam menyusun proposal hibah. Menurutnya, tanpa dukungan tersebut, tak ada akan ada lonjakan yang drastis seperti itu.

“Meski hasil tersebut sudah amat membanggakan kami, kami dari LPPM tidak akan puas diri, untuk pengajuan tahun 2020 pendanaan 2021 kami harus lebih ekstra lagi menyiapkan serangkaian kegiatan untuk peningkatan kualitas proposal hibah dosen. Dan tantangan tahun 2021 semakin tinggi karena sebagian besar dosen STKIP Tamsis Bima sudah naik Skim sehingga untuk mempersiakan itu semua perlu dipersiapkan dari sekarang,” pungkasnya.

Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang dikonfirmasi terkait capaian itu mengatakan, jalan mewujudkan STKIP Tamsis Beradab go Internasional semakin terbuka lebar.

“Insya Allah akan terus berbenah dari tahun ke tahun. Prinsip kerja berlari kejar ketertinggalan dengan tetap berikhtiar taat pada Allah, Al Quran, as sunnah dan pemimpin di antara kalian,” motivasinya. (TSB01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *