24 April 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Bencana Sosial di Ngali, Sakti Peksos Perlindungan Anak Hadir Dengan Layanan Psikososial

1 min read

Foto: Dayat saat kegiatan psikososial di Desa Ngali (Dok. DONGGONEWS.com)

DONGGONEWS.com | Bima – Peristiwa bencana sosial kebakaran hebat yang menghanguskan 40 rumah terjadi di Desa Ngali, Jum’at (08/05) lalu masih menyisakan ketakutan dan kecemasan bagi anak-anak disekitar lokasi kebakaran tersebut. Sadar dengan itu, pekerja sosial untuk kab. Bima Abd. Rahman Hidayat, SST hadir untuk menguatkan kondisi psikososial anak-anak. 

Menurut Dayat sapaannya, ketika terjadi bencana sosial semacam ini kita sering lupa bahwa tidak hanya kebutuhan seperti sandang dan papan saja yang harus dipenuhi namun ada kebutuhan yang sering di lupakan yaitu psikososial. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut dirinya hadir. 

Saat ditanya terkait dengan apa saja upaya untuk mengembalikan kondisi psikososial anak ia menjelaskan hal tersebut bukanlah perkara mudah butuh waktu dan tritmen-tritmen khusus sesuai kualifikasi pendidikan dan pelatihan tertentu dan dilakukan secara berkala, tambahnya. Seperti tadi jelasnya kami mengawali permainan itu bukan tanpa tujuan selain menghibur anak kami juga mencoba membangun kepercayaan dari anak sehingga kami dapat dengan mudah untuk melakukan intervensi untuk memulihkan Psikososialnya, tambahnya.

Berdasarkan pantuan tim DONGGONEWS.com dilapangan kegiatan dukungan Psikososial yang dilakukan Dayat dan teman temannya di ikuti sekitar 40 lebih anak anak dimana mereka terlihat sangat antusias dan gembira. Bahkan tidak hanya anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut para ibu-ibu juga ikut meramaikan, sehingga kegiatan tersebut semakin pecah dengan tawa dan seakan lupa dengan kejadian yang baru saja mereka alami. Selain terciptanya kegembiraan dalam kegiatan tersebut Dayat dan teman-teman menyelipkan pembelajaran berharga berupa seks edukasi agar anak anak yang berada di lokasi pengungsian terhindar dari kekerasan seksual. (DNC-Yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *