27 Februari 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Pemdes Mbawa Bagikan BLT DD, Tahap II Untuk 190 Kepala Keluarga

1 min read

DONGGONEWS.com | Bima, 230620 Kepala Desa Mbawa Abdul Gani, S. Pd Kecamatan Donggo gelotorkan Dana fatastis untuk bantuan langsung tunai (BLT) yakni sebesar RP 520 Juta. Anggaran harus dialokasihkan oleh Pemdes sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020. Wajib menganggrakan BLT Dana Desa sebesar 35 persen dari pagu Dana Desa (DD). “Besarnya alokasi anggaran tersebut juga sudah disetujui oleh BPD setempat,” ujar Gani.

Selain alokasi anggaran BLT Dana Desa, Pemdes juga mengalokasi anggaran penanganan Covid- 19 sekitar 20 Juta. “Kalau ditotalkan Anggaran BLT Dana Desa dan penanganan Covid -19 Desa Mbawa yang kita alokasikan sebesar Rp 540 Juta,” terangnya.

Gani menanjelaskan BLT DD diperuntuhkan 190 KK untuk tahap II ini masing masing mendapatkan Rp 600 ribu per Kepala Kelurga untuk Tahap II kemarin Pemdes Mbawa menyalurkan yang diterima Rp 600 ribu jadi total yang diterima tahap II dengan hari ini Rp 1.2 juta.

“Pemdes Mbawa akan menyalurkan BLT DD untuk Mei walau pun penyalurannya Juni untuk tahap II tetap sama hitungannya Rp 600 ribu perbulan selama 3 bulan 190 KK yang mendapatkan BLT Dana Desa tersebut nama-nama penerima sudah kami verifikasi dan validasi,” bebernya

Pantauan langsung Wartawan, dalam pembagian BLT turut hadir Camat Donggo, Babinkamtikmas, Banbinsa dan para Pendamping Desa serta BPD

Munawir menjelaskan Dana BLT tersebut yakni Dana Desa Tahun 2020. Dengan adanya BLT terpaksa beberapa kegiatan di desa harus dialihkan dan tak bisa dilaksanakan Tahun 2020. Baik itu kegiatan Visik, Pemberdayaan maupun Pembinaan “Ada beberapa kegiatan yang kita alihkan untuk anggaran BLT Dana Desa ini. Seperti Bumdes, Jalan Tani, pengadaan Perpipaan, MTQ, dan suplemen giji.” Tuturnya. (DNC-Rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *