24 April 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Lomba Kampung Sehat Propinsi NTB, Sekda Dompu Ajak Masyarakat Hidup Sehat

3 min read

Foto: Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Propinsi NTB

DONGGONEWS.com | Dompu, 181020 – Tim Penilai Kampung Sehat tingkat propinsi NTB kali yang ke berikutnya melakukan kegiatan missinya di Desa Bara Kecamatan Woja Dompu, 17/10/2020 sekitar pukul 14.15-16.43 wita .

Tim Penilai disambut dengan Tarian Tradisonal Dompu disertai pengalungan Bunga.

Sebelum acara dimulai Puskesmas Dompu Barat memperagakan 6 cara Mencuci tangan yg benar diikuti oleh seluruh tamu undangan.

Usai penyambutan dirangkai dengan Sambutan Wakil Bupati Dompu yg diwakili oleh Plt Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin, M.SI. Sekda Mengucapkan terimkasih kepada kepolisian yang mengadakan lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB. Dengan ceremonial semacam ini bisa menumbuh kembangan kebiasaan hidup sehat di kalangan Masyarakat.

Dia menghimbau pada masyarakat agar lomba  kampung Sehat tingkat Propinsi NTB yang sedang berlangsung  agar didukung  dan turut serta  untuk partisipasi sepenuhnya  sehingga Desa Bara Woja mendapatkan  hasil yang terbaik  di tingkat Propinsi NTB.

Foto: Tim Penilai Lomba Kampung Sehat mencek Dokumen

“Dengan dibiasakannya hidup sehat atau mematuhi protokol kesehatan dalam Pandemi Covid-19 semoga bisa memutus rantai virus berbahaya tersebut “. Harapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Penilai Lomba Kampung Sehat tingkat Provinsi NTB, Joko Jumadi, S.H, M.H mengatakan dalam sambutannya ” kehadiran kami untuk membandingkan bukti-bukti dokumen administrasi dengan fakta lapangan aspek-aspek kehidupan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 “. Papar Joko

Sasaran pemeriksaan yang menjadi mata lomba  adalah Bidang, Kesehatan, Bidang Keamanan Dan Bidang Industri

Dalam lomba kampung sehat pesan Kapolda NTB jangan hanya mencari juara saja, tetapi bisa menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan untuk hidup sehat dan mematuhi Protokol kesehatan dalam Pandemi Covid-19 itu yang utama. Ungkap Joko meniru pesan Kapolda.

” Tujuan utama diadakan lomba kampung sehat yaitu untuk membentuk prilaku hidup masyarakat di pandemi Covid-19 sehingga masyarakat Kabupaten Dompu bebas dari Penyebaran Virus Tersebut “.

” Harapannya pada pasca diadakannya lomba kampung sehat, Masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Meningkatnya peran serta stakeholder mulai dari tingkat RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat dalam penanganan Covid-19 “. Harap dia.

Kepala Desa Bara, Andi Aswan dalam sambutan mengatakan ” Lomba Kampung sehat bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat maupun semua pihak menuju era tatanan baru di tengah Pandemi Covid-19.

” Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan, keamanan dan kesehatan. Sehingga Masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid “. Tutur Andi

Penyerahan profil Desa/Kelurahan Lomba Kampung Sehat oleh Kepala Desa Bara kepada Ketua Tim Penilai Kampung sehat tingkat Provinsi NTB.

Hadir dalam kegiatan tersebut

  1. Sekda Kab. Dompu Drs. H. Muhibuddin M.Si, Kabag Humas Pemda Dompu Muhammad Iksan, S.Sos, Kepala BPBDDompu Jufri ST, M.Si, Kasat Binmas Polres Dompu Iptu Jailani, Kasat Lantas Polres Dompu Iptu Wayan Sukarsana, S.H,
    Kapolsek Woja Polres Dompu Ipda Abdul Haris, Camat Woja Suherman, S. Pt, Kepala Puskesmas Dompu Barat Mujakir, S. Km, Tamu undangan lomba kampung sehat sekitar 100 orang.

Selanjutnya tim melakukan pengecekan kelengkapan keamanan di Pos Kamling.Posko Gerak Cepat Penanganan Covid-19 dan tempat Taman Baca, Rumah yang dijadikan tempat Isolasi Pasien Covid-19, Budidaya Ikan Lele, Gudang Krupuk dan Roti.
Kegiatan Pengecekan dilakukan di bagi beberapa Tim yg didampingi oleh masing-masing PJU Polri. (DNC-005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *