21 Februari 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Komisi II DPRD Dompu Akan Panggil Kadishub Terkait Gaji Honorer Belum Dibayar

3 min read

DONGGONEWS.com I Dompu,301220- Puluhan Pegawai Honorer Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu untuk sekian kalinya melakukan aksi penyegelan kantor dan kali ini Tenaga Honorer tersebut melakukan aksi bakar ban bekas bahkan menyandara mobil milik Dishub di depan Kantor setempat karena gaji mereka tidak dibayar oleh Dinas setempat. Aksi bakar ban itu dimulai sekitar pukul 8.00 Wita Rabu, 30/12/2020.

Menurut beberapa Tenaga Honorer yang sempat ditemui media ini di lingkungan Dinas setempat menyebutkan ” honor tiap bulan yang dijanjikan oleh Dinas sampai saat sekarang belum juga dibayar”. Mereka mengaku, honornya bukan hanya 2,3,4 bulan yang belum dibayar bahkan ada yang sampai 1 tahun belum juga dibayar, maka mereka mempertanyakan uang Honor Pegawai Honorer itu dikemanakan, tanya beberapa tenaga Honorer Dishub saat mereka sedang melakukan aksi bakar ban bekas di halaman kantornya.

Nyala Api Ban Bekas Dibakar Para Aksi Tenaga Honorer Dishub Rabu pagi

” Kami sudah mengabdi di Dishub ini bervariasi, ada yang beberapa tahun bahkan ada juga yang belasan tahun menjadi tenaga Honorer di kantor ini”.
” Honor kamipun tiap bulan bervariasi yaitu ada yang Rp. 300.000, dan Rp.500.000 per bulan”. Ungkap Kaimudin yang sudah mengabdi hampir 10 tahun. Hal senada diungkapkan Tenaga honorer lainnya yaitu Taufikurrahman yang sudah mengabdi Dinas Dishub selama 14 tahun dengan gaji Rp.500.000 per bulan. Sementara di tempat yang sama juga diungkapkan Hermansyah bahwa gajinya belum diterima sampai saat sekarang, begitupun Tarmizi mengatakan gajinya belum dibayar.

Salah Seorang Anggota Komisi II DPRD Dompu, Yatim Ketika Beraudience Dengan Para Aksi Tenaga Honorer Dishub

Ketika ditanya media, seandainya Honor belum juga dibayar oleh Dinasnya, langkah yang ditempuh selanjut apa ?, ” Kami tetap menuntut karena itu hak yang harus dituntaskan dan kalau memang pihak Dinas tidak mau membayar, kami akan tetap melakukan aksi sampai Honor dibayar”, Ungkap Mereka. ” Kami sudah sekian kali melakukan aksi bahkan beberapa hari lalu pihak Dinas berjanji membayar pada hari Sabtu lalu, namun sampai saat sekarang janji tersebut omong kosong”, ungkap Para aksi.

Pada momen tersebut salah seorang anggota DPRD Kabupaten Dompu, Yatim ( Komisi II ) dari Fraksi Demokrat mempertanyakan honor bagi Tenaga Honorer di Dishub tersebut padahal anggaran sudah diketok. ” Kami mempertanyakan uang anggaran itu dikemanakan,” tanya Yatim di hadapan puluhan para peserta aksi.

Ketika ditanya awak media upaya apa yang dilakukan Dewan dalam hal tersebut, Yatim menuturkan akan memanggil Kepala Dinas Perhubungan untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait belum dibayarnya Honor bagi Honorer yang ada di ruang lingkup kantor Dishub Dompu itu. ” Kami akan segera mengambil langkah memanggil Kepala Dishub untuk dimintai pertanggungjawaban atas keluhan puluhan Tenaga Honorer itu, kata Yatim salah seorang anggota Dewan dari Fraksi Demokrat dengan nada serius.

Anggota Kimisi II DPRD Dompu, Yatim Memberikan Keterangan Pers Di TKP

Lebih lanjut, Yatim meminta pada para aksi Tenaga Honorer agar tidak merusak fasilitas perkantoran yang ada di lingkup Dishub. ” Saya minta pada rekan- rekan untuk tidak merusak fasilitas yang ada karena ini milik negara”, pinta Yatim.

Sementara itu kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu, Ir. Syarifudin saat aksi para Tenaga Honorer berlangsung tidak berada di kantornya. Namun anggota DPRD Dompu ( Komisi II ), Yatim berjanji akan memanggil Kadishub dalam waktu dekat ini..” Kami pihak Dewan akan memanggil segera Kepala Dishub yang bermasalah tersebut, papar Pria berambut pirang itu disela-sela berlangsungnya aksi Tenaga Honorer tersebut”. Tutup dia. ( DNC-005 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *