28 Februari 2024

DONGGONEWS.com

Kritis & Berkemajuan

Media Online DNC Utus 2 Wartawati, 2 Wartawan Ikut Pelatihan Yang Digelar MOI

2 min read

DONGGONEWS.com I Dompu, 091220 – Media Online Donggonews.com ( DNC ) perwakilan pulau Sumbawa ( Dompu, Bima, Sumbawa ) dalam waktu dekat, beberapa hari ke depan akan berpartisipasi dalam pelatihan Wartawan yang diadakan DPC MOI kabupaten Dompu pada tanggal 17 Desember 2020 di Gedung PKK Dompu.

Menurut Kepala Perwakilan Hambaly Ama La Beby ada 4 persons yang diikutkan pada pelatihan yang dimaksud diantaranya Hambaly, Nasrullah, Winda Astary dan Khairunnas Al Madaniya dan 2 diantaranya adalah calon wartawati ( Crew Reporter ) Donggonews.com.

Keempat Reporter Donggonews.com akan dibimbing bersama lebih kurang 25 rekan sejawat oleh para senior yang lebih kompeten dan berpengalaman di bidang jurnalistik.

Adapun maksud dan tujuan dari Media Online Donggonews.com terlibat dalam pelatihan tersebut karena mengingat masih banyak kekurangan dalam hal tata cara, norma, tehnik tulis menulis pemberitaan yang baik dan benar. ” Kami sadar bahwa dunia wartawan bukan hanya pintar dalam menulis sebuah berita namun yang paling pokok adalah teknik penulisan yang sesuai kodek etik jurnalistik include pemberitaan yang balance dimana seorang wartawan dalam menulis harus berimbang serta melakukan check and receck”. Ungkap Ama La Beby ( Sapaan Akrab, Hambaly-Red ).

Kepada para peserta khusus wartawan DNC selama pelatihan berlangsung diharapkan mampu menyimak, menyerap, menimba ilmu yang diberi Tutor dengan sebaik-baiknya sehingga bisa direalisasikan dalam sebuah tulisan yang bermakna dan bernilai berita.

Ada 3 calon wartawan DNC sebagai Wartawan pemula antara lain; Khairunnas Al Madaniya, Winda Astary dan Nasrullah plus Kepala Perwakilan akan ikut serta dalam pelatihan tersebut. ” Kami berharap pada Tutor untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi calon wartawan DNC semoga ilmu jurnalistik yang diserap selama pelatihan dapat diterapkan dalam sebuah tulisan”. Pinta Ama La Beby.

Ketua DPC Perkumpulan Perusahaan Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Dompu, Sarwon Al Khan, S.Sos, ketika memberikan materi pelatihan wartawan di Dompu, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Ketua DPC MOI Dompu, Sarwon Al Khan, S.Sos menanggapi terkait jumlah wartawan dari Masing-masing media yang akan ikut pelatihan hanya 1 wartawan / media saja karena mengingat keadaan tidak memungkinkan. ” Mengingat porsi terbatas, diupayakan satu orang dulu per media. Kalau ada sisa kuota, baru ditambah (kembali ke kebijakan panitia). Ungkap Om Won.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pelatihan wartawan yang diadakan DPC MOI Dompu tersebut dalam rangka peningkatan profesionalisme para wartawan senior dan bagi calon wartawan pemula akan diberi bekal bagaimana tata cara penulisan yang baik dan benar sesuai UU Pers. Karena menurut dia masih ada yang belum memahami kode etik penulisan yang baik dan benar di dalam dunia jurnalistik. Ungkap Sarwon yang juga sebagai Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Lakeynews.com.

Mantan Redaktur Pelaksana (Kepala Kompartemen) Harian Lombok Post (Jawa Pos Grup) menambahkan, ” bagi para wartawan pemula dan senior setelah selesai mengikuti pelatihan diharapkan mampu menerapkan tulisan yang berkualitas dan memberikan pembelajaran bagi para pembaca sehingga wartawan Online mampu berkiprah sebagai sosok yang diteladani khusus dalam dunia jurnalistik”. Harap Om Won. ( DNC-005 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *